Layanan Publik

Banda Aceh Kembali Raih BKN Award

Untuk ketiga kalinya secara berturut-turut, Banda Aceh kembali berhasil meraih penghargaan dari Badan Kepegawaian Negara (BKN) sebagai kota dengan pengelolaan kepegawaian terbaik.

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Kepala BKN Bima Haria W kepada Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Banda Aceh Emila Sovayana di sela-sela Rakornas Kepegawaian 2017 di Jakarta, Rabu (10/5/2017).

Menurut Emila, penghargaan tersebut merupakan wujud dari reformasi birokrasi yang yang dilakukan pihaknya dalam rangka memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. “Alhamdulillah, penghargaan ini yang ketiga berturut-turut kami dapatkan.”

Ia menjelaskan, ketiga penghargaan tersebut diraih dalam kategori yang berbeda. Pada tahun pertama, Banda Aceh meraih penghargaan terkait pengembangan kinerja.

“Selanjutnya, kami mendapat penghargaan kembali atas pengembangan teknologi digital dalam birokrasi,” ujarnya.

Ia pun berharap, dengan pengelolaan pegawai dan pengembangan teknologi dalam birokrasi, maka Aparatur Sipil Negara (ASN) Banda Aceh bisa lebih melayani masyarakat dengan baik. “Dengan perkembangan TIK diharapkan pelayanan lebih efisien dan mendorong reformasi dalam birokrasi,” ujarnya.

Selain Aceh, ada 19 daerah lain yang mendapat apresiasi dari BKN sebagai pengelola kepegawaian terbaik. Pemberian penghargaan tersebut dibagi menjadi empat kategori, yaitu lima pemerintahan tingkat provinsi, lima tingkat kabupaten dan kota tipe A, B, dan C.

Adapun lima provinsi yang mendapat BKN Award 2017, yaitu Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Barat, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Selatan, dan Jawa Timur. Lima kabupaten dan kota tipe A, yaitu Kabupaten Banggai, Kabupaten Banyuwangi, Kota Semarang, Kota Sorong, dan Kota Ternate.

Lima kabupaten dan kota tipe B, yaitu Kota Banda Aceh, Kabupaten Bantaeng, Kabupaten Buleleng, Kabupaten Sleman, dan Kabupaten Tobasa. Lima Kabupaten dan kota tipe C, yaitu Kota Blitar, Kota Kotamubagu, Kota Tarakan, Kota tebing tinggi, Kabupaten Roteng Dao. [Ril]

To Top