Layanan Publik

Ancam Keselamatan, Box Culvert PPI Susoh Berlubang

Foto | Rizal

Beton bertulang atau biasa disebut Box culvert yang berada di pintu masuk menuju kompleks Pelabuhan Pendaratan Ikan (PPI) Ujung Serangga, Kecamatan Susoh, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) mengalami rusak parah.

Rusaknya box culvert tersebut, membuat pengendara atau pejalan kaki yang akan memasuki kawasan PPI Ujong Serangga Susoh, harus berhati-hati. Dimana, box culvert tersebut sudah menciptakan lubang besar dan mengancam keselamatan para nelayan, pedagang ikan hingga masyarakat lainnya.

Salah satu nelayan yang berada dilokasi itu, mengatakan, kalau rusaknya box culvert tersebut pasca banyaknya kendaraan dengan muatan berat yang keluar masuk PPI Ujung Serangga. Karena kelebihan beban muatan, maka beton tersebut pecah dan ambruk. “Terciptalah lubang besar diatas jembatan box culvert tersebut,” katanya kepada wartawan, Senin (15/5/2017).

Sejak beton itu rusak, kata Darwis salah satu pedagang ikan, akses menuju kompleks PPI Ujung Serangga semakin susah untuk dilalui. Selain adanya lubang menganga, genangan air juga kerap merendam badan jalan. “Jalannya berlubang dan digenangi air. Dengan kondisi itu tidak sedikit pula pengendara yang tergelincir,”katanya.

Terkait hal itu, Kepala UPTD PPI Ujung Serangga Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Abdya, Ari Gunawan SP mengatakan, rusaknya box culvert tersebut akibat banyaknya kendaraan berbadan besar dan alat berat yang melintasi jalan itu saat pengerjaan break woter pada tahun 2016 lalu. Beban berat yang diangkut oleh trakuler, membuat box culvert menjadi patah dan jebol.

Pihaknya telah melakukan koordinasi dengan rekanan proyek break woter pada waktu itu untuk segera melakukan perbaikan. Pihak rekanan juga telah menyanggupi dan bersedia untuk memperbaiki beton itu. Namun perbaikan tidak bisa dilakukan saat ini mengingat dalam waktu dekat akan ada pengerjaan pembangunan break woter di kompleks PPI Ujung Serangga pada anggaran tahun 2017.

“Kemungkinan besar pihak rekanan akan memasang pohon kelapa agar box culvert itu kembali bisa dilalui kendaraan proyek. Setelah proyek dimaksud selesai, pihak rekanan yang lama akan membangun kembali box culvert itu termasuk rekanan yang akan melakukan pengerjaan pada tahun 2017 ini. Kalau dibangun sekarang juga percuma, sebab akan rusak kembali dilalui alat berat,”ujarnya singkat.(Rizal)

To Top