Ekonomi

Abdya Pamerkan Padi Lokal Sigupai di Penas KTNA

ACEHTERKINI.COM | Dalam acara Pekan Nasional Kontak Tani Nelayan Andalan (Penas-KTNA) XV di Banda Aceh, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) menampilkan padi lokal unggulan varietas Sigupai. Selain itu, Pemkab Abdya juga menampilkan beragam hasil pertanian dan kesenian rakyat sebagai ciri khas daerah setempat.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan (Distanpan) Abdya Ir. Muslim Hasan kepada wartawan, Senin (8/5/2017) mengatakan, dalam acara Penas KTNA XV, kontingen Abdya menampilkan padi varietas lokal Sigupai dari proses tanam sampai hasil produksi.

Padi lokal unggulan varietas Sigupai

“Selain Sigupai, kontingen Abdya juga menampilkan sejumlah produk unggulan serta keterampilan lainnya, diantaranya pemakaian pupuk hayati yang mampu mempercepat pertumbuhan dan masa panen,” ujarnya.

Sementara diajang kesenian, Pemkab Abdya menampilkan Rapai Geleng Bujang Juara dari Desa Seuneulop, Kecamatan Manggeng yang pernah mewakili Aceh ke tingkat internasional.

Rapai Geleng Bujang Juara tampil di Pentas kesenian di Taman Sari yang akan menghibur pengunjung dalam acara Penas KTNA XV 2017 di Banda Aceh yang diikuti 33 provinsi seluruh Indonesia.

Pihaknya berharap, apa yang ditampilkan di Penas KTNA tersebut bisa memperkenalkan Kabupaten Abdya dengan segala macam keunggulannya hingga ke tingkat nasional.

“Apa yang ditampilkan itu merupakan produk unggulan Abdya. Pastinya memiliki daya tarik tersendiri dan memiliki nilai-nilai kekhususan,” demikian tambahnya. (Rizal)

To Top