Sosial

90 Sekdes Ikut Pelatihan Manajemen Pemerintahan Desa

ACEHTERKINI.COM | Sebanyak 90 Sekretaris Desa (Sekdes) se-Kota Banda Aceh mengikuti pelatihan manajemen pemerintahan desa yang digelar oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat Gampong (DPMG) selama dua hari, 29-30 Mei 2017 di Aula Gedung C Balai Kota Banda Aceh.

Kepala DPMG Banda Aceh Zulkifli Syahbuddin menyebutkan pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan aparatur pemerintahan gampong dalam bidang perencanaan pembangunan gampong.

“Dengan pelatihan ini, kita berharap nantinya para aparatur gampong khususnya Sekdes mampu membuat dan menyusun perencanaan pembangunan gampong, APBG, dan administrasi gampong secara baik dan benar,” katanya saat acara pembukaan, Senin (29/5/2017).

Wali Kota Banda Aceh Illiza Sa’aduddin Djamal menyebutkan Sekdes merupakan ujung tombak dalam pemerintahan desa karena memegang peranan penting.

“Semoga dengan mengikuti kegiatan ini wawasan bapak-ibu semakin bertambah, khususnya dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi di dalam pemerintahan gampong,” kata Illiza pada acara pelatihan itu.

Dalam Undang-Undang Desa yang baru, yaitu Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014, disebutkan dalam pasal 18 bahwa, kewenangan desa meliputi kewenangan di bidang penyelenggaraan pemerintahan desa, pelaksanaan pembangunan desa, pembinaan kemasyarakatan desa, dan pemberdayaan masyarakat desa berdasarkan prakarsa masyarakat, hak asal usul, dan adat istiadat desa.

Undang-undang tersebut, kata Illiza, secara jelas memberikan kewenangan lebih kepada gampong untuk mengelola pembangunan dan keuangan mereka secara mandiri. Namun demikian, kita sadari saat ini masih ditemui kelemahan pihak pemerintah gampong baik dalam hal perencanaan, pelaksanaan maupun pertanggungjawaban keuangan gampong. [Ril]

To Top