Peristiwa

3 Mei Sejarah Hari Ini, Milad Kota Jantho

ACEHTERKINI.COM | Kota itu berjarak lebih kurang 50 kilometer dari Kota Banda Aceh. Namanya adalah Kota Jantho, yang merupakan Ibukota dari Kabupaten Aceh Besar. Letaknya persis di wilayah perbukitan sekitar lembah Gunung Seulawah.

Mengutip Wikipedia.org, melalui Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 36 Tahun 1976, Kota Jantho secara resmi menjadi Ibukota Kabupaten Aceh Besar. Kemudian pada 1969 muncul wacana memindahkan Ibukota Aceh Besar dari Banda Aceh ke Kecamatan Indrapuri.

Kota Jantho

Kemudian terjadilah pro dan kontra sehingga pada tahun 1976 dipilihlah wilayah lembah Gunung Seulawah menjadi Ibukota Aceh Besar yaitu Kota Jantho dari penilaian Departemen Dalam Negeri dan Provinsi DI Aceh serta konsultan PT Markam Jaya.

Setelah ditetapkan Kota Jantho sebagai ibukota Kabupaten Aceh Besar, maka secara bertahap pemindahan ibukota terus dimulai dan akhirnya secara serentak seluruh aktifitas perkantoran resmi dipindahkan dari Banda Aceh ke Kota Jantho pada 29 Agustus 1983.

Kemudian Menteri Dalam Negeri, Soepardjo Rustam meresmikan Kota Jantho pada 3 Mei 1984.

Kemudian pada tahun 2013 muncul lagi wacana pemindahan Kota Jantho ke Samahani, Kecamatan Kuta Malakan. Wacana ini juga menimbulkan pro dan kontra sehingga Kota Jantho tetap pada tempatnya yang sekarang yaitu di kemukiman Jantho, wilayah Lembah Gunung Seulawah.

To Top