Pendidikan

Universitas Riau Belajar Akreditasi ke Unsyiah

ACEHTERKINI.COM | Sebanyak 20 pimpinan Universitas Riau (Unri) mempelajari metode dan strategi Univeristas Syiah Kuala (Unsyiah) dalam meningkatkan nilai Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT). Kunjungan tim Unri ke Unsyiah dipimpin Sekretaris Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LPPMP) Unri, Prof Dr Caska MSi dan disambut Wakil Rektor I Unsyiah, Dr Hizir di Kantor Pusat Administrasi Unsyiah, Kamis (6/4/2017).

Prof Caska mengatakan, pencapaian akreditasi yang diraih Unsyiah menjadi inspirasi  bagi universitas lain di Indonesia. Terlebih lagi kunjungan Unri ke Unsyiah merupakan rekomendasi dari Kemristekdikti untuk mempelajari strategi Unsyiah dalam meraih akreditasi A.

Pimpinan Universitas Riau (Unri) Mempelajari Metode dan Strategi Unsyiah Dalam Meningkatkan Nilai Akreditasi

“Kita dapat testimoni dari Dikti, bahwa untuk memperoleh nilai A coba belajar ke Unsyiah,” ujarnya.

Menurut, Prof Caska, pada saat visitasi tim asesor merasa terkesan dengan teknologi informasi dan kepemimpinan Rektor Unsyiah.

Wakil Rektor I Unsyiah, Dr Hizir menyebutkan, ada beberapa poin yang harus dikedepankan untuk meraih nilai akreditasi terbaik. Tumbuhkan rasa peduli dan kerja sama yang kompak antar civitas akademika selain harus fokus pada keunggulan dan prestasi universitas. Selain itu, perlu adanya penekanan terhadap nilai-nilai kejujuran, keikhlasan, dan kebersamaan selama proses akreditasi berlangsung.

“Tunjukkan prestasi dan keunggulan universitas. Misalnya, waktu itu Unsyiah menampilkan beberapa keunggulan, seperti keunggulan di bidang perpustakaan dan sistem teknologi informasi,” sebutnya.

Di samping itu, lanjut Hizir, Unsyiah juga telah memberlakukan mata kuliah wajib untuk Ilmu Kebencanaan. Hal ini juga menjadi kebanggaan bagi Unsyiah.

Dalam kesempatan sama, Sekretaris Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penjaminan Mutu (LP3M) Unsyiah, Dr Syahrun Nur MSi menambahkan, semenjak meraih akreditasi A, Unsyiah telah menerima banyak kunjungan dari berbagai universitas di Indonesia untuk belajar dan studi banding tentang AIPT.

Selain Unri, tercatat beberapa universitas lain telah melakukan kunjungan serupa, seperti Universitas Negeri Semarang, Universitas Udayana, Politeknik Medan, Universitas Riau Kepulauan Batam, Univeristas Islam Sultan Agung, dan Universitas Lampung. [Red]

To Top