Sosial

Tudung Saji dan Ikan Asin Patek dari Darul Hikmah Butuh Pembinaan

ACEHTERKINI.COM | Camat Darul Hikmah, Nuri Assiri mengharapkan agar Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya memperhatikan kreatifitas masyarakat, baik itu dari hasil pertanian, peternakan, perkebunan maupun home industri. “Selama ini banyak produksi masyarakat kurang sekali pembinaan,” kata Nuri Assiri saat dijumpai acehterkini di acara Piasan Raya Aceh Jaya Gemilang, Jum’at (14/4/2017).

Ia mengatakan, kerajinan tangan yang dihasilkan masyarakat sangat butuh pembinaan dari pemerintah setempat. Misalnya kata Nuri, produksi keranjang penutup makanan atau tudung saji yang dibuat dari pelepah sawit yang terbuang.

Tudung Saji dan Ikan Asin Patek dari Darul Hikmah Butuh Pembinaan
Tudung Saji dari Pelepah Sawit buatan Warga Panton Krueng, Kecamatan Darul Hikmah, Aceh Jaya — Arif

“Produksi tudung saji ini harus dilakukan pembinaan, selama ini Iwan yang membuat kerajinan itu hanya menggunakan alat yang sangat sederhana bahkan hanya menggunakan tali rapia atau sejenisnya, padahal peminatnya cukup banyak,” kata Nuri Assiri.

Tudung saji ini khusus dipajang di stand Kecamatan Darul Hikmah pada Piasan Raya Aceh Jaya Gemilang di Kota Calang dibuat oleh Iwan, warga Desa Panton Krueng, Kecamatan Darul Hikmah. Ia mampu membuat karya yang bernilai dari pelepah sawit yang terbuang.

Tudung Saji dan Ikan Asin Patek dari Darul Hikmah Butuh Pembinaan
Ikan Asin Patek, Kecamatan Darul Hikmah

Nuri mengatakan selama pameran ini berlangsung produk yang dihasilkan oleh Iwan sudah dipesan 20 unit dari luar daerah Aceh Jaya. Ia membuat karyanya itu sesuai pesanan, harganya bisa mencapai Rp200.000 per unit.

“Sudah saatnya pemerintah melakukan pembinaan kepada warganya yang kreatif, tujuannya agar hasil karya masyarakat itu memiliki legalitas maupun kualitas produk yang baik,” ujar Nuri disela-sela kesibukannya mengelola stand Kecamatan Darul Hikmah dalam rangka HUT Aceh Jaya ke-15.

Selain tudung saji yang menjadi andalan, Kecamatan Darul Hikmah juga memperkenalkan produk ikan asin patek yang merupakan salah satu produki yang telah dikenal baik oleh masyarakat dari luar Aceh Jaya.

Produk ikan asin patek ini dibuat masih sangat alami, biasanya menjadi oleh-oleh yang dibawa pulang pengunjung. “Semoga produk karya masyarakat ini bisa dibina oleh pemerintah,” harap Nuri Assiri. [Arif]

To Top