Sosial

Tingkatkan Mutu Pendidikan, Kepala Sekolah Diajak Sadarkan Orangtua Murid

ACEHTERKINI.COM | Dalam rangka menumbuhkan kesadarsan keluarga untuk meningkatkan mutu pendidikan anak, Dinas Pendidikan Aceh Jaya menggelar bimbingan teknis penyelenggaraan bagi keluarga selama tiga hari sejak, Rabu (26/4/2017) di Hotel Khana Kota Calang.

Ketua panitia kegiatan Abu Bakar menjelaskan pelatihan ini diikuti 50 orang kepala sekolah dari tingkat PAU hingga SMA serta kepala BKBN.

“Kegiatan ini merupakan kerjasama Dinas Pendidikan Aceh Jaya dengan Kementerian Pendidikan,” kata Kepala Bidang Pembinaan Paud dan Non Formaf di Dinas Pendidikan Aceh Jaya itu.

Dinas Pendidikan Aceh Jaya Gelar Bimbingan Tekni untuk Kepala Sekolah di Hotel Khana Kota Calang

Sementara itu Sekretaris Dinas Pendidikan Aceh Jaya yang juga merangkap sebagai Plt. Kepala Dinas Pendidikan, Edward S.Pd mengatakan tujuan kegiatan itu untuk menumbuhkan kesadaran orang tua dan keluarga bidang pendidikan anak, karena keluarga merupakan tanggup jawab utama dalam pendidikan anak setelah itu baru masyarakat dan pemerintah.

“Selama ini banyak mengaggap pemerintah saja yang bertanggung jawab dalam pendidikan anak akan tetapi perlu kita ketahui bahwa ketiga elemen yaitu keluarga, masyarakat dan pemerintah harus bersama-sama dalam mencerdaskan anak-anak, bukan hanya pemerintah saja,” tutur Edward

Edwar juga menanbahkan saat ini di beberapa keluarga seakan lepas tangan dan menganggap itu tugas pemerintah, sehingga banyak anak kurang dorongan dari pihak orang tua.

“Ini adalah tahap pertama yang kita ajak kepala sekolah dan BKBN, kemudian tahap kedua nantinya akan kita libatkan langsung pihak keluarga, masyarakat, komite sekolah dan juga bidang organisasi kesiswaan,” kata Edward. [Arif]

To Top