Sosial

Tim Masih Fokus Mencari Korban Longsor Mendale, Aceh Tengah

ACEHTERKINI.COM | Bencana longsor yang terjadi di Kawasan Otong-Otong, Kecamatan Kebayakan, Sabtu (22/4/2017) sekitar pukul 11.00 wib telah mengakibatkan ruas jalan Takengon – Bintang putus total. Longsor mengakibatkan sejumlah warga mengalami luka dan satu warga hilang.

Kepala BPBD Aceh Tengah, Jauhari kepada acehterkini, Aleuhat (23/4/2017) mengatakan, saat ini tim sedang focus mencari Irfan yang diduga tertimbun longsor. Kondisi jalan Takengon – Bintang masih putus total.

“Sementara warga yang mengalami luka-luka lainnya setelah mendapat perawatan kini sudah kembali ke rumah masing-masing,” kata Jauhari.

Longsor di Mendale, Aceh Tengah, 22 April 2017 [Foto : Istimewa]

Menurut salah seorang warga, Erwan Edy, lokasi longsor sekarang itu memang pernah longsor sebelumnya. Longsoran terjadi karena dilokasi tersebut terdapat mata air yang selama ini dipergunakan warga untuk mengairi didisen (wadah/perangkap ikan depik) di tepi danau laut tawar.

Bupati Aceh Tengah, Nasaruddin menghimbau warga yang selama ini memanfaatkan jalur tersebut agar untuk sementara waktu memakai jalan sisi selatan Danau Lut Tawar. Sementara jalan sisi utara Danau Lut Tawar sudah diblokir.

Menurutnya, usai melakukan pencarian korban, diperkirakan butuh waktu satu minggu untuk membersihkan longsoran tanah yang menutupi badan jalan.

Tidak hanya menutupi badan jalan, longsor yang terjadi di Desa Mendale juga mengakibatkan empat orang warga setempat mengalami luka-luka akibat tertimpa longsoran.

Keempat korban tersebut diantaranya, Hamzah (50) mengalami luka dan patah kaki sebelah kiri, Darlina (49) mengalami luka ringan di bagian kaki, Takwa (4) mengalami luka ringan dan Zulkifli (45) mengalami luka pada bagian kepala. [Firman]

To Top