Sosial

Tanpa Mengundang Keuchik yang Lama, Pj Keuchik Blang Manggeng Tetap Dilantik

ACEHTERKINI.COM | Pejabat (Pj) Kepala Desa (Keuchik) Blang Manggeng, Kecamatan Manggeng, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) dilantik secara tertutup diruang Asisten Pemerintahan Setdakab setempat pada Kamis (13/4/2017) sore.

Proses pelantikan itu dipimpin lansung Asisten Pemerintahan Setdakab Abdya Drs Hanafiah yang juga turut dihadiri Camat Manggeng Tabari, Danramil 06/Manggeng Kapten Inf M Latif, mewakili Kapolsek dan Pj Keuchik terlantik Nurman.

Asisten Pemerintah Abdya, Drs. Hanafiah

Upaya pelantikan Pj Keuchik dimaksud sudah pernah dilakukan pertama kalinya pada Selasa (8/4/2017) lalu di Aula Kantor Camat Manggeng. Akan tetapi terjadi pro dan kontra dari sejumlah masyarakat. Dimana, sejumlah masyarakat mendatangi Kantor Camat Manggeng untuk menggagalkan proses pelantikan tersebut.

Pada saat akan dilansungkan pelantikan, masa terus berupaya menggagalkan acara itu. Karena tidak mampu meredam keinginan warga, maka Camat Manggeng Tabari menunda proses pelantikan menunggu keputusan selanjutnya dari pimpinan (Bupati).

Camat Manggeng Tabari yang dihubungi wartawan, Jumat (14/4/2017) membenarkan Pj Keuchik Blang Manggeng Nurman sudah diambil sumpah dalam ruang Asisten Pemerintahan Setdakab Abdya. Pelaksanaan pelantikan ini, bertujuan agar roda pemerintahan di Desa Blang Manggeng tetap berjalan.

Hal tersebut sesuai dengan UU No.6 tahun 2014 tentang Desa dan Peraturan Pelaksanaannya dalam Peraturan Pemerintah No.43 Tahun 2014.

Dikatakan Tabari, Pj Keuchik mengemban satu tugas khusus yakni bersama dengan membentuk panitia pemilihan dan memfasilitasi pelaksanaan pemilihan dan pelantikan Kepala Desa Blang Manggeng pada waktu yang akan datang, serta selain empat tugas pokok seorang Pj Keuchik yakni  menyelenggarakan pemerintah desa, melaksanakan pembangunan desa, pembinaan kemasyarakatan desa dan pemberdayaan  masyarakat desa.

“Maka dari itu, kita mengharapkan kepada Pj Keuchik yang dilantik nanti agar dapat bekerjasama dengan semua komponen yang ada dalam membangun dan memajukan, serta menciptakan kesejahteraan di Desa Blang Manggeng,” tuturnya singkat.

Secara terpisah, Hermi selaku mantan Keuchik Blang Manggeng, cukup menyesalkan pelantikan yang dilakukan oleh Asisten Pemerintahan Setdakab Abdya tanpa mengundang dirinya.

“Harusnya hargailah keinginan masyarakat, jangan karena memenuhi keinginan segelintir orang hingga harus mengorbankan yang lainnya. Cukup aneh rasanya jika pelantikan itu dilakukan secara tertutup, bukan dihadapan sejumlah warga Blang Manggeng,” kata Hermi singkat. (Rizal)

To Top