Kesehatan

RSUD Singkil Jadi Rujukan Pemeriksaan TB Wilayah Pantai Barat Aceh

ACEHTERKINI.COM | Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Aceh Singkil di Desa Gunung Lagan Kecamatan Gunung Meriah menjadi salah satu rumah sakit rujukan pemeriksaan Tuberclosis Resisten Obat (TBRO) bagi masyarakat di wilayah barat selatan Aceh.

Direktur RSUD Aceh Singkil, dr. Eko Saputra Anuggroh kepada acehterkini, Rabu (5/4/2017) mengatakan, setelah melalui survey yang dilakukan oleh lembaga internasional dari The Global Fund yang bergerak dalam penanganan penyakit HIV/AIDS, Malaria dan Tuberclosis. Maka untuk wilayah Barat Selatan, hanya RSUD Aceh Singkil yang memiliki dokter Spesialis Paru dan Patologi Klinik yang juga bertugas secara defenitif.

dr. Eko Saputra Anuggroh

Sehingga dari The Global Fund telah membantu memberikan alat Test Cepat Molekuler (TCM) untuk dimanfaatkan oleh pihak RSUD Aceh Singkil untuk difungsikan sebagai alat pendeteksi bagi masyarakat yang melakukan pengecekan ada atau tidaknya yang mengendap Tuberclosis Resisten Obat (TBRO).

“Selama ini apabila ada warga atau pasien yang ingin melakukan pemeriksaan TBRO, harus dirujuk ke Rumah Sakit Zainal Abidin di Banda Aceh, tapi sekarang sudah bisa diperiksa di RSUD Aceh Singkil untuk wilayah pantai barat selatan Aceh,” kata Eko Saputra.

“InsyaAllah dijadikannya RSUD Aceh Singkil sebagai Rumah Sakit rujukan pemeriksaan TBRO, dapat membantu masyarakat dengan biaya yang lebih murah, jarak yang dekat lebih mudah mengakses apabila melakukan pemeriksaan TBRO di Aceh Singkil,” sebutnya. [Jamaluddin]

To Top