Sosial

Piasan Raya Aceh Jaya Gemilang Tampilkan Buku Besar Sejarah Raja Sabee

ACEHTERKINI.COM | Piasan Raya Aceh Jaya Gemilang dalam rangka HUT Aceh Jaya ke 15, banyak menampilkan sejarah-sejarah lama yang pernah berkembang di Kabupaten Aceh Jaya. Salah-satunya di stand Kecamatan Krueng Sabee.

Amatan acehterkini, Jum’at (14/4/2017) banyak pengunjung yang simpatik dengan buku berukuran besar yang mengisahkan Raja Sabee dan sejarah Dapu Meulisan (red-Dapur Manisan) di stand Kecamatan Krueng Sabee.

Camat Krueng Sabee Fajri, S.Ag mengatakan, pihaknya membukukan sedemikian rupa guna menarik minat pembaca, sehingga sejarah yang telah ada tidak terlupakan dan para pengunjung khususnya para generasi muda supaya dapat memahami sejarah.

Buku Besar Sejarah Raja Sabee di Stand Kecamatan Krueng Sabee Piasan Raya Aceh Jaya Gemilang — Arif

“Pada buku yang di buat ukuran besar tersebut ada dua sejarah yang di tuliskan yaitu sejarah Raja Sabee Ops yang merupakan seorang kepala suku yang datang dari negeri luar dan menetap di Panggong, salah satu kampung di Kecamatan Krueng Sabee,”kata Fajri.

Kemudian Dapu Meulisan atau dapur manisan, kata Fajri ada di Kuala Merisi. “Dulu dapur manisan ini tempat orang-orang membuat manisan yang sampai sekarang masih ada, akan tetapi sudah sangat jarang yang tahu,” jelas dia.

Selain menggambarkan dua sejarah itu, stand Kecamatan Krueng Sabee juga menampilkan gaya klasik rumah orang zaman dahulu dengan menggunakan anak kayu dan tanpa menggunakan paku untuk menghubungkannya.

Banyak yang unik ditampilkan, termasuk hasil kerajinan warga di 17 gampong dalam Kecamatan Krueng Sabee. [Arif]

To Top