Pendidikan

Pelaksanaan UNBK Tingkat SMK di Aceh Dipastikan Lancar

ACEHTERKINI.COM | Dinas Pendidikan Aceh sudah memantau dan melakukan persiapan untuk pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tingkat SMK yang akan berlangsung selama empat hari, mulai Senin hingga Kamis, 3-6 April 2017. Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Laisani mengatakan, sampai hari ini tidak ada kendala, termasuk persoalan listrik dan fasilitas internet di sekolah-sekolah.

Kepada acehterkini, Aleuhat (2/4/2017) Laisani menjelaskan pihaknya sudah berkomunikasi dengan PLN Aceh supaya tidak ada pemadaman selama pelaksanaan Ujian Nasional, kecuali musibah bencana alam. Kemudian pihaknya juga sudah bernegosiasi dengan Telkomsel selaku penyedia jasa internet.

“Alhamdulillah, PLN dan Telkomsel memberikan dukungannya selama pelaksanaan Ujian Nasional (UN) di Aceh, terutama Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK),” kata Laisani.

Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) [Foto : Ilustrasi]

Ia menuturkan untuk mengantisipasi pemadaman listrik, pihaknya juga sudah mengintruksikan sekolah-sekolah diseluruh Aceh agar menyediakan genset.

Kebutuhan komputer atau laptop disekolah-sekolah masih sangat terbatas. Hal ini dikarenakan pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer di Aceh baru berjalan dua tahun.

“untuk kelengkapan komputer, ada sekolah yang pinjam komputer atau laptop punya siswa dan punya masyarakat setempat, ini karena tahun kedua kita melaksankan UNBK di Aceh,” kata Laisani.

“Total SMK di Aceh yang akan melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dan Ujian Nasional Berbasis Pensil dan Kertas (UNBPK) sebanyak 206 sekolah,” demikian Laisani.

Menanggapi ketersediaan listrik selama pelaksanaan Ujian Nasional di Aceh, Kepala Humas PT. PLN Wilayah Aceh, Bahrul Halid mengatakan, PLN sudah siap menjaga sistem selama pelaksanaan Ujian Nasional sampai selesai.

“Semoga tidak ada masalah dengan pembangkit listrik,” kata Bahrul.

Sebagaimana diketahui, ada 133 sekolah yang akan melaksanakan UNBK tingkat SMK di Provinsi Aceh. Informasi yang diperoleh dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, jumlah SMK yang akan melaksanakan UNBK di Kota Banda Aceh sebanyak delapan sekolah, yaitu SMKN 1, 2, 3  dan SMKN 4. Kemudian SMK – SMTI dan SMKN 5 Telkom. Sedangkan SMK Kesehatan Assyifa School dan SMK Aceh Business School bergabung.

Rincian lengkapnya, Banda Aceh 8 sekolah (dua gabung), Sabang 1 sekolah, Lhokseumawe 13 sekolah (4 gabung), Kota Langsa 8 sekolah (5 gabung), Subulussalam 3 sekolah (1 gabung), Aceh Besar 10 sekolah (1 gabung), Pidie 6 sekolah, Pidie Jaya 2 sekolah, Bireuen 11 sekolah (5 gabung), Aceh Tengah 5 sekolah (1 gabung), Bener Meriah 4 sekolah (1 gabung), Aceh Utara 17 sekolah (1 gabung).

Kemudian Aceh Timur 2 sekolah, Aceh Tamiang 8 sekolah (1 gabung), Aceh Singkil 4 sekolah, Aceh Jaya 1 sekolah, Aceh Barat 4 sekolah, Nagan Raya 4 sekolah, Simeulue 3 sekolah, Abdya 5 sekolah, Aceh Selatan 11 sekolah (4 gabung), Aceh Tenggara 1 sekolah dan Gayo Lues 2 sekolah (1 gabung). [Firman]

To Top