Sosial

Pelajar dan Mahasiswa Sayangkan Penutupan AKKES Aceh Utara

ACEHTERKINI.COM | Ikatan Pemuda Pelajar Mahasiswa Jambo Aye (IPPELMAJA) menyayangkan sikap Pemerintah Aceh Utara yang menutup kampus Akademi Kesehatan (Akkes) Aceh Utara.

Ketua IPPELMAJA, Zulfikar mengatakan, seharusnya Akkes Aceh Utara tidak ditutup, hal ini karena tidak sejalan dengan misi Bupati Aceh Utara, Muhammad Thaib.

Foto Ilustrasi

“Masih ada opsi lain daripada memilih menutup Akkes menjadi UPTD Dinas Kesehatan, bisa saja pemerintah memilih bergabung dengan perguruan tinggi yang ada sehingga tidak merugikan mahasiswa yang sedang dan yang sudah menimba ilmu di kampus tersebut,” kata dia dalam keterangan singkatnya kepada acehterkini, Selasa (18/4/2017).

Sebelumnya Sekjen Komite Mahasiswa dan Rakyat Aceh untuk Demokrasi (Komrad), Febri Miraj menyatakan berdasarkan Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah, pengelolaan pendidikan tinggi merupakan wewenang pemerintah pusat, bukan daerah.

Sehingga Mendagri memberi empat pilihan bagi Pemerintah Aceh Utara terkait kampus Akkes tersebut, yaitu mengubah kampus menjadi UPTD dinas kesehatan, bergabung ke Kementerian Kesehatan RI, bergabung ke Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (ke Politeknik Negeri Lhokseumawe atau Unimal), dan pilihan terakhir menutup kampus tersebut.

“Akkes Aceh Utara itu lebih baik bergabung dengan perguruan tinggi yang ada di Aceh Utara dan Kota Lhokseumawe, sehingga tidak merugikan mahasiswa dan alumni tempat pendidikan tersebut. Kebijakan dengan mengubah Akkes menjadi UPTD adalah suatu kemunduran pemerintah daerah setempat,” kata Febri.

Sebelumnya Plt. Sekda Aceh Utara Abdul Aziz menyampaikan pemerintah sudah memutuskan Akkes Aceh Utara dijadikan sebagai UPTD Dinas Kesehatan.

“Kita memilih membentuk UPTD, karena di lokasi kampus itu nanti kita bentuk badan diklat regional untuk melatih tenaga kesehatan yang sudah kita miliki, dan bisa juga dimanfaatkan pemkab/pemko yang lain,” kata Abdul Aziz.

Berita Terkait : Kampus AKKES Ditutup, Mahasiswa : Pemerintah Aceh Utara Egois

Plt Sekda Aceh Utara Abdul Aziz menjelaskan, Pemkab tidak memilih AKKES Aceh Utara bergabung ke Unimal atau ke Kemenkes karena tenaga kesehatan Aceh Utara sudah cukup bahkan lebih.

“Akkes itu dibangun karena kita dulu kekurangan tenaga medis. Tapi sekarang tenaga medis sudah lebih,” kata Sekda. [Rahmat]

To Top