Politik

MK Tolak Gugatan Said-Nafis, Bupati Abdya Ditetapkan 6 April

ACEHTERKINI.COM | Mahkamah Konstitusi (MK) menolak gugatan yang diajukan pasangan calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Aceh Barat Daya (Abdya) nomor urut 4, Said Syamsul Bahri-Nafis A Manaf. Dengan keluarnya putusan MK itu, KIP Abdya telah menentukan jadwal penetapan Bupati dan Wakil Bupati Abdya terpilih periode 2017-2022 pada Kamis (6/4/2017).

Elfiza, Ketua KIP Aceh Barat Daya

Ketua KIP Abdya Elfiza SH MH, Selasa (4/4/2017) mengatakan, pleno penetapan Bupati dan Wakil Bupati terpilih akan berlansung tiga hari setelah keluarnya putusan MK. Dimana, MK telah mengeluarkan putusan menolak gugatan Paslon Said-Nafis karena bukan peserta paslon Bupati dan Wakil Bupati Abdya pada Pilkada 2017. Sehingga tidak memiliki kedudukan hukum atau legal standing dalam pengajuan perselisihan hasil pemilihan (PHP) ke MK.

Berdasarkan hasil pleno KIP Abdya pada 23 Februari 2017 lalu, Paslon nomor urut satu (1) Akmal Ibrahim-Muslizar memperoleh suara terbanyak di Abdya dengan jumlah 28.138 atau 35,39 persen. Dimana, Akmal-Muslizar unggul di delapan kecamatan bila dibandingkan dengan delapan kandidat lainnya.

“Jadi pada Kamis (6/4) mendatang, kita melakukan penetapan bupati dan wakil bupati terpilih di Aula Gedung DPRK Abdya. Penetapan itu setelah adanya putusan MK yang menolak gugatan Paslon Said-Nafis pada Senin (3/4) kemarin,” ungkap Elfiza. [Rizal]

To Top