Sosial

Mantan Wakil Ketua KIP Aceh Terpilih Menjadi Anggota KPU

ACEHTERKINI.COM | Mantan Wakil Ketua Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh periode 2008 – 2013, Ilham Saputra terpilih menjadi anggota KPU RI melalui mekanisme voting atau pemungutan suara oleh 55 anggota Komisi II DPR dari semua fraksi, Rabu (5/4/2017).

Adapun tujuh komisioner baru anggota KPU RI periode 2017 – 2022 yakni Pramono Ubaid Tanthowi yang merupakan Ketua Bawaslu Banten. Ia meraih 55 suara anggota DPR sama banyaknya dengan anggota KPU Jawa Tengah Wahyu Setiawan.

Ilham Saputra

Kemudian disusul Hasyim Asy’ari dengan Ilham Saputra, mantan Wakil Ketua Komisi Independen Pemilihan ( KIP) Aceh mendapat 54 suara. Selanjutnya, ada anggota KPU Kalimantan Barat, Viryan dengan 52 suara dan anggota KPU Sumatera Utara Evi Novida Ginting Manik dengan 48 suara dan paling buncit Arief Budiman dengan 30 suara.

“Dengan demikian sesuai dengan urutan yang ada, nama-nama anggota KPU terpilih saya sahkan,” kata Ketua Komisi II DPR RI, Zainudin Amali saat memimpin rapat pleno penetapan KPU-Bawaslu.

Dengan demikian juga kata Zainuddin, terpilihnya para anggota menandai selesainya uji kelayakan terhadap calon anggota Bawaslu dan KPU di Komisi II DPR yang berlangsung sejak Senin hingga Rabu dini hari. Selanjutnya kata Zainudin, pada Rabu siang, Komisi II akan melaporkan hasil pemilihan KPU Bawaslu kepada Badan Musyawarah.

“Tinggal kita laporkan ke Bamus dan kita akan laporkan resmi di paripurna tanggal 6 besok,” kata Zainudin dikutip dari situs republika.com.

Pemilihan anggota KPU dilakukan melalui mekanisme voting oleh 55 anggota Komisi II DPR dari semua fraksi. Dengan setiap anggota, diberi kesempatan memilih satu paket anggota Bawaslu yang terdiri dari lima nama.

To Top