Sosial

Lima PTKIN di Aceh Bergabung dalam Forum Pimpinan se – Sumatera

ACEHTERKINI.COM | Pimpinan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) se-Sumatera membentuk forum pimpinan. Deklarasi Forum Pimpinan PTKIN masa kerja 2017 – 2019 ini dilakukan di Palembang, Sumatera Selatan, Jumat (07/04/2017).

Rektor UIN Raden Fatah Palembang M Sirozi dipilih sebagai Ketua Forum. Wakil Ketua dipercayakan kepada Rektor UIN Sumatera Utara Saidurrahman. Sekretaris terpilih adalah Ketua STAIN Curup Rahmad Hidayat, sedang bendaharanya adalah Ketua IAIN Metro Lampung Enizar.

Forum Pimpinan PTKIN Se-Sumatera

Ketua STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh Aceh Syamsuar menjelaskan, deklarasi Forum Pimpinan PTKIN se Sumatra ini terinspirasi pertemuan Para Rektor dan Ketua yang dilaksanakan di Jakarta pada Maret lalu.

Menurutnya, forum ini dibentuk dengan tujuan membangun sinergi dalam peningkatan kualitas PTKI demi terwujudnya lembaga yang mampu bersaing pada level nasional dan internasional. Forum juga telah merumuskan sejumlah item kerjasama, antara lain: penyelenggaraan pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat serta peningkatan kualitas dan kapasitas LPTK.

“Selain itu, sinergi juga akan digalakkan dalam pengembangan konsorsium keilmuan, pengembangan program penjaminan mutu, percepatan kepangkatan Guru Besar, dan bidang lainnya,” ujarnya.

Ada lima Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri di Aceh yang bergabung dalam Forum Pimpinan ini yaitu, UIN Ar – Raniry, IAIN Zawiyah Cot Kala Langsa, STAIN Malikussaleh Lhokseumawe, STAIN Gajah Putih Takengon, dan STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh.

Sedangkan 15 PTKIN se – Sumatera yang lain adalah UIN Raden Fatah Palembang, UIN Sultan Thaha Saifuddin Jambi, UIN Sutan Syarif Kasim Pekan Baru, dan UIN Sumatera Utara Medan, UIN Imam Bonjol Padang, UIN Raden Intan Lampung.

Kemudian IAIN Bengkulu, IAIN Bukittinggi, IAIN Padang Sidempuan Tapanuli, IAIN Metro, dan IAIN Batusangkar;

Selanjutnya STAIN Curup, STAIN Gajah Putih, STAIN Kerinci, STAIN Syekh Abdurrahman SIddik Bangka, dan STAIN Bengkalis.

Sumber : Kemenag RI

To Top