Sosial

Kementerian Agama Diminta Cabut Izin Travel Umrah yang Nakal

ACEHTERKINI.COM | Ketua Komisi VIII DPR-RI M Ali Taher Parasong mendesak, Kementerian Agama untuk segera mencabut perizinan First Travel yang dinilai telah menipu calon jamaah umrah. “Saya kira travel macam begitu cabut saja (izin, red). Ini kaitannya dengan hak warga negara yang terabaikan. Kalau misal belum bisa berangkat, ya bilang belum,” kata dia.

Sebelumnya, Kamis (30/3) sebanyak 270 calon Jamaah umrah yang tiba di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, mendadak mengalami penundaan keberangkatan umrah. Hingga kini, Selasa (4/4) masih ada calon jamaah yang belum berangkat karena terkendala visa.

Foto Ilustrasi

Ali mengatakan, kejadian seperti ini sudah sering terjadi. Ali merasa iba pada calon Jamaah yang ditelantarkan hak-hak mereka oleh peneglola travel. “Saya kira itu travel hanya mengejar keuntungan dan mengabaikan hak-hak jamaah. Ibadah umrah ataupun haji niatnya suci, ibadah karena Allah Swt,” ujar Ali, Selasa (4/4/2017).

Menurut Ali, selama ini, pemerintah juga dianggap tidak terlalu cepat menangani masalah seperti ini. “Semestinya Kemenag harus segera evaluasi travel yang begini sejak lama. Jangan tanggung-tanggung tutup saja perusahaannya,” tegas Ali.

Dengan begitu, ucap Ali, travel-travel nakal tidak akan bisa mendapatkan keuntungan lagi. Ia mengimbau, Kemenag secara serius mendalami kasus penundaan calon jamaah First Travel, agar tidak ada lagi kejadian seperti ini dikemudian hari.

Sumber : Republika

To Top