Sosial

Kelompok Tani Nelayan Andalan Bali Mulai Bergerak ke Aceh

ACEHTERKINI.COM | Kelompok Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kota Denpasar, Bali mulai bergerak ke Provinsi Aceh mengikuti Pekan Nasional (PENAS) KTNA ke XV pada 6-11 Mei 2017 mendatang. Pelepasan kontingen KTNA Denpasar ini dilepas Sekda Kota, A.A.N Rai Iswara, Selasa (18/4/2017).

Dikutip dari balipost.com, KTNA Kota Denpasar ini akan membawa utusannya ke Aceh sebanyak 30 orang.  Dalam Penas ini petani dan nelayan akan bertemu dan melakukan tukar informasi terkait kondisi yang ada di daerah masing-masing.

Foto Ilustrasi

“Perkembangan sektor pertanian di Kota Denpasar saat ini sudah mengarah ke urban farming (pertanian perkotaan),” kata Rai Iswara.

Pertanian urban merupakan praktek budidaya, pemerosesan dan distribusi bahan pangan di sekitar Kota, yang biasanya juga melibatkan peternakan, budidaya perairan dan hortikultura.

Untuk itu diperlukan sebuah inovasi teknologi pertanian yang dapat diaplikasikan ditengah sempitnya lahan pertanian yakni salah satunya melalui penggunaan bibit unggul sehingga dengan lahan sempit menghasilkan produksi dengan kuantitas dan kualitas hasil panen yang meningkat.

“Saya harapkan Penas sebagi sebuah motivasi bagi KTNA untuk tetap melestarikan pertanian dan mengajak kaum muda mudi untuk tetap semangat menggarap pertanian sesuai dengan kondisi daerah perkotaan,” ujarnya.

Sebagaimana diketahui PENAS KTNA ke XV ini akan dipusatkan di Stadion Harapan Bangsa, Kota Banda Aceh pada 6-11 Mei 2017. Kegiatan empat tahunan ini mengundang sedikitnya 35.000 peserta KTNA dari seluruh Indonesia. Menurut jadwalnya Presiden RI, Joko Widodo akan membuka PENAS KTNA ke XV. [Red]

To Top