Sosial

Kelompok Tani Lambada Panen Padi Gogo Dibekas Ladang Ganja

ACEHTERKINI.COM | Kelompok Tani (Koptan) Gampong Lambada, Kemukiman Lamteuba, Kecamatan Seulimuem, Kabupaten Aceh Besar melakukan panen padi gogo, Aleuhat (2/4/2017).

Kegiatan panen padi dilahan 53 hektar ini disaksikan langsung oleh Komandan Distrik Militer (Dandim) 0101/BS, Letkol Inf. Mahesa Fitriadi dengan Kepala Dinas Pertanian Aceh Besar, Ahmad Tarmizi, Anggota DPRK, para penyuluh, Danramil, kelompok tani dan tokoh masyarakat setempat.

Dandim 0101/BS, Letkol Inf. Mahesa Fitriadi mengatakan, panen bersama petani di Lambada ini untuk memberikan semangat kepada para petani.

Dandim 0101 BS bersama Kepala Dinas Pertanian Aceh Besar Melakukan Panen Padi Gogo di Lambada, Aleuhat

“Lahan yang ditanami padi gogo merupakan pengalihan fungsi ladang ganja ke lahan produktif persawahan. Dulunya sawah ini ladang ganja, kemudian dengan adanya program cetak sawah baru berubah menjadi sawah,” kata Mahesa.

Mahesa menuturkan dalam rangka ketahanan pangan, TNI memberikan motivasi agar nasyarakat petani lebih giat dan yakin dalam mengelola pertanian untuk mensejahterakan mereka.

“Peran kami adalah memotivasi masyarakat dengan meyakinkan petani untuk lebih giat menggarap lahan pertanian,” ujar Dandim.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Aceh Besar Ahmad Tarmizi juga berjanji akan membangun embung di kawasan Lambada.

“InsyaAllah, dengan adanya embung, maka produksi padi dan tanaman pangan lainnya akan bisa meningkat, sehingga kesejahteraan petani juga akan lebih baik,” ujar Ahmad Tarmizi.

Usai kegiatan ini, Ketua Kelompok Tani Oscar, Fauzan berharap agar Pemerintah Aceh Besar bisa melengkapi kurangnya pupuk dan alat-alat pertanian.

“Pupuk dan alat-alat pertanian masih menjadi kedala Kelompok Tani di Lambada. Semangat petani semakin meningkat, hal itu juga dengan adanya dorongan dari penyuluh dan Babinsa yang memberikan motivasi kepada petani,” demikian Fauzan. [Edi]

To Top