Layanan Publik

Jaringan Lelet, Percetakan KTP Eletronik di Abdya Lamban

ACEHTERKINI.COM | Percetakan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-EL) pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) lamban. Hal itu disebabkan jaringan internet pada mesin cetak KTP-EL lemah (lelet).

Biasanya, Disdukcapil setempat, mampu mencetak KTP-EL sebanyak 150 lembar dalam sehari. Namun dengan lemahnya jaringan maka proses percetakan hanya mampu dilakukan rata-rata 50 lembar perhari.

Kepala Disdukcapil Abdya Nyak Seh didampingi Kabid Kependudukan ZA Zufri, Kamis (20/4/2017) mengatakan, lambatnya proses percetakan KTP-EL bermasalah pada jaringan. Sehingga petugas percetakan terpaksa menunggu sampai jaringan itu stabil kembali.

Perekaman e-KTP [Foto : Ilustrasi]

“Terkadang dalam sehari, KTP-EL hanya dapat dicetak sekitar 50 lembar. Hal itu sangat berbeda pada saat jaringan tidak bermasalah, Disdukcapil mampu mencetak 150 lembar dalam sehari,” ujarnya.

“Untuk saat ini, kita meminta kepada warga agar bersabar, sampai adanya proses perbaikan terhadap jaringan tersebut. Kemungkinan dalam waktu dekat akan segera kita koordinasi ke pusat untuk penambahan aplikasi agar jaringan untuk percetakan tersebut tidak terkendala lagi,” kata Zufri selaku penanggung jawab percetakan KTP-EL.

Disamping itu, Zufri juga mengatakan, kalau ketersediaan blangko KTP-EL masih tercukupi, sebanyak 4000 lembar. Dipastikan dalam kurun waktu tiga bulan kedepan masih terpenuhi untuk kebutuhan warga yang ingin memiliki KTP-EL.

Berdasarkan data laporan pelaksanaan perekaman dan percetakan KTP-EL, dari total jumlah penduduk Abdya 157.355 jiwa dengan 44.679 kepala keluarga (KK), yang wajib memiliki KTP-EL sebanyak 111.019 jiwa.

Dari jumlah warga yang wajib memiliki KTP-EL tersebut, baru sekitar 107.603 yang sudah melakukan perekaman, sedangkan 3.416 lainnya belum melakukan perekaman.

“Kita terus berupaya menghimbau kepada warga yang belum melakukan perekaman agar mendatangi kantor camat terdekat, atau jika perlu langsung saja mendatangi Disdukcapil untuk melakukan perekaman,” tutur Zufri lebih lanjut.

Zufri menambahkan, untuk mesin cetak yang digunakan saat ini hanya beroperasi satu unit, sementara satu unitnya lagi masih dalam proses instalisasi.

“Dipastikan dalam dua hari ini akan bisa terpakai keduanya, jadi bagi warga yang akan melakukan percetakan KTP-EL untuk saat ini harap bersabar. Namun pada saat mesin cetak tersebut sudah digunakan keduanya maka bagi warga yang akan melakukan percetakan bisa menunggu tanpa harus antri berlama-lama,” demikian tambahnya. (RiZal)

To Top