Layanan Publik

Illiza Beberkan Pencapaian Kota Banda Aceh

ACEHTERKINI.COM | Walikota Banda Aceh, Illiza Sa’aduddin Djamal menyampaikan sejumlah pencapaian pembangunan Kota Banda Aceh dalam Sidang Paripurna Istimewa DPRK Banda Aceh dengan agenda Peringatan HUT Kota Banda Aceh ke-812 Sabtu, (22/4/2017) di Gedung DPRK Komplek Balaikota.

Kata Illiza, berbagai perbaikan pembangunan kota terlihat jelas saat ini. Mulai dari meningkatnya kondisi fisik kota seperti perbaikan jalan, jembatan, bangunan serta berbagai sarana dan prasarana lainnya di berbagai bidang.

Dihadapan Ketua DPRK, Arif Fadillah dan sejumlah anggota dewan, Illiza menyampaikan bukti-bukti keberhasilan perbaikan kualitas  pembangunan di Kota Banda Aceh.

Walikota Banda Aceh, Illiza Sa’aduddin Djamal

Illiza menyebutkan bidang Syariat Islam yang ditandai dengan telah berhasilnya menguatkan kembali nilai-nilai Syariat sebagai bagian dari berbagai aktivitas kehidupan di Kota Banda Aceh.

Syariat Islam saat ini menjadi dasar dari berbagai aktivitas pembangunan, baik dalam bidang pendidikan, layanan kesehatan, wisata halal (islami), serta aktivitas ekonomi dan kegiatan publik lainnya. Program Diniyah di Sekolah-sekolah Umum merupakan salah-satu keberhasilan dari bidang Syariat Islam.

Di bidang lainnya, seperti layanan kesehatan juga sudah mulai menerapkan layanan berbasis islami. Seperti pemberian dakwah dan penyediaan fasilitas shalat kepada pasien dan keluarganya pada ruang rawat, mengingatkan waktu sholat, dan lain sebagainya.

Kata Illiza, saat ini dapat menyaksikan secara langsung bagaimana perubahan infrastruktur kota kearah yang lebih baik telah tercapai.

“Data menunjukkan bahwa saat ini lebih dari 95 persen jalan di Kota Banda Aceh berada dalam kondisi baik. Pelebaran ruas jalan juga telah dilakukan demi kenyamanan dan keamanan masyarakat. Saat ini pembangunan Flyover dan Underpass juga sedang berlangsung untuk mengatasi kemacetan dan permasalahan traffic lainnya di Kota Banda Aceh,” ungkapnya.

Kemudian, pembangunan drainase juga terus mengalami peningkatan setiap tahunnya sejak tahun 2012.

Di bidang pendidikan, Banda Aceh ditetapkan sebagai kota referensi pendidikan di Aceh. Kualitas pendidikan di Banda Aceh terlihat dari tidak adanya lagi masyarakat yang buta huruf.

Program pendidikan yang mendukung pencapaian SMART People di Kota Banda Aceh di design dengan berbasis islami sehingga generasi muda yang cerdas di Banda Aceh disiapkan memiliki pondasi kekuatan iman.

Selain itu, sekolah di Banda Aceh juga memperhatikan konsep Green, menerapkan IT, serta berbagai ekstrakurikuler yang dapat mendukung pengembangan kapasitas anak.

Selain itu, untuk mendukung program Kota Inklusif, seluruh sekolah di Banda Aceh terdata sebagai sekolah Inklusi. Berbagai penghargaan baik di tingkat nasional dan internasional juga kerap di terima oleh siswa dan siswi di Kota Banda Aceh.

Lanjutnya, di bidang kesehatan, Banda Aceh saat ini memiliki total 85 unit fasilitas kesehatan.

Selain itu, Illiza juga menyampaikan sejumlah pencapaian dan prestasi lainnya, seperti reformasi birokrasi dan system e-government dalam upaya menuju pembangunan clean and good governance.
Kemudian pemanfaatan IT dengan melahirkan sejumlah aplikasi online untuk berbagai jenis pelayanan kepada masyarakat. [Edi]

To Top