Sosial

Gambar Bendera Bulan Bintang di Makam Abu Arafah Dihapus

ACEHTERKINI.COM | Gambar bendera bulan bintang yang menyerupai bendera GAM di Makam Abu Arafah, Lamno, Kabupaten Aceh Jaya akhirnya dihapus warga setempat di bawah pengawasan TNI Polri.

Sejumlah Aparat Keamanan Memantau Makam Abu Arafah di Lamno, Aceh Jaya, Kamis (20/4/2017) [Foto : Facebook]

Kapolsek Jaya, Kabupaten Aceh Jaya, Hamdan kepada acehterkini, Jum’at (21/4/2017) mengatakan, warga yang menghapus gambar bendera bulan bintang itu pada Kamis, (20/4/2017) sore. “Kami hanya memantau,” kata Hamdan.

Menurutnya gambar bendera bulan bintang itu baru di buat yang sebelumnya tidak ada. “Kami menghimbau kepada masyarakat Lamno, Kecamatan Jaya agar tidak menggunakan bendera bulan bintang itu sebelum ada pengesahan dari Pemerintah Pusat, ini untuk menjaga situasi aman dan damai,” tutur Hamdan.

Kegiatan Doa dan Zikir di Makam Abu Arafah, Kamis, 20 April 2017 [Foto : Arif]

Sebelum gambar bendera bulan bintang itu dihapus, masyarakat Lamno menggelar zikir akbar dan samadiah serta menyantuni anak yatim di Makam Panglima Gerakan Aceh Merdeka, Abu Arafah di Desa Krueng Teunong, Kecamatan Jaya, Kamis (20/4/2017) pagi.

Amatan acehterkini, acara doa dan zikir berjalan lancar, aman dan terkendali. Namun ketika kegiatan zikir akbar itu selesai, sejumlah aparat TNI Polri mendatangi makam Abu Arafah dan menghapus gambar bendera bulan bintang. Melihat kedatangan TNI Polri, warga akhirnya menghapus gambar bendera yang menyerupai bendera GAM itu.

Komplek Makam Abu Arafah di Desa Krueng Tunong, Kecamatan Jaya, Lamno

Sebagaimana diketahui sosok Abdullah Thaleb alias Abu Arafah yang dikenal sebagai Panglima Tertinggi Angkatan Gerakan Aceh Merdeka (AGAM) wilayah Meureuhom Daya bersama supirnya Mawardi syahid dalam peristiwa kontak tembak di Gunung Geureute pada masa konflik bersenjata di Aceh lalu.

Kemudian adiknya Tgk. Ibrahim juga syahid dalam kontak tembak dengan aparat keamanan di Patek, Kecamatan Darul Hikmah, Aceh Jaya. Tiga orang tentara GAM itu dimakamkan dalam satu komplek yang dikenal dengan makam Abu Arafah di Desa Krueng Teunong, Kecamatan Jaya. [Arif]

To Top