Ekonomi

Dana Otsus Habis Bukanlah Kiamat Bagi Aceh

ACEHTERKINI.COM | Dana otonomi khusus (Otsus) Aceh akan habis massanya 10 tahun lagi di tahun 2027 mendatang. Dana Otsus Aceh berlaku 20 tahun sejak tahun 2008.

Alokasinya diatur dengan ketentuan tahun pertama sampai dengan tahun ke-15 besarnya setara 2 persen dari DAU Nasional. Kemudian tahun ke-16 sampai tahun ke-20 alokasinya sebesar 1 persen.

Wakil Gubernur Aceh terpilih pada Pilkada 2017 – 2022, Ir. Nova Iriansyah MT mengatakan, persoalan pemanfaatan dana otsus yang akan segera habis maka semua pihak untuk mencari solusi.

Dana Otsus Habis Bukanlah Kiamat Bagi Aceh
Ir. Nova Iriansyah, MT

“Habisnya dana Otsus bukanlah kiamat bagi Aceh, nantinya kita bisa memberdayakan sumber daya alam dan manusia di Aceh,” kata Nova Iriansyah saat menghadiri acara silaturahmi akbar civitas akademika Unsyiah di Halaman Masjid Jamik, Darussalam, Kamis (13/4/2017).

Sementara itu Wakil Ketua DPR Aceh yang juga sebagai Ketua Ikatan Alumni (IKA) Unsyiah, Drs. Sulaiman Abda mengajak semua pihak bekerja keras untuk membangun Aceh kedepan, apalagi mengingat dana Otsus yang hamper habis massanya.

Sebagaimana diketahui dalam Nota Keuangan RAPBN 2017, jumlah dana Otsus Aceh tahun ini sebesar Rp 8 triliun lebih atau atau selisih sekitar Rp387 miliar lebih dari tahun 2016. [Edi]

To Top