Kesehatan

Begini Bahaya Minum Kopi Secara Berlebihan

ACEHTERKINI.COM | Tanpa disadari, para remaja dalam kesehariannya sering mengonsumsi kafein dalam jumlah besar. Minum kopi di kedai, menenggak teh, cokelat panas, soda, dan minuman berenergi yang banyak mengandung kafein bisa berdampak buruk untuk kesehatan mereka.

Para pakar menyebutkan, konsumsi 400 miligram kafein adalah jumlah normal yang aman bagi orang dewasa. Namun, Akademi Pediatri Amerika membatasi konsumsi kafein remaja hanya 100 miligram sehari dan tidak menganjurkannya sama sekali untuk anak di bawah usia 12 tahun.

Asupan kafein berlebihan bisa menimbulkan efek samping tertentu, bagi anak maupun orang dewasa. Beberapa di antaranya termasuk insomnia, merasa gelisah, lekas marah, detak jantung cepat, tremor otot, sakit perut, sakit kepala, sulit konsentrasi, hingga peningkatan tekanan darah.

Kopi [Foto Ilustrasi]

Pemerhati kesehatan remaja Amy Morin mengatakan, kafein mendampak remaja dengan cara berbeda dengan orang dewasa. Kafein berlebih yang dikonsumsi remaja menyebabkan gangguan tidur yang berpengaruh pada kebugaran mental dan fisik, membuat tubuh kehilangan kalsium, sampai gangguan jantung.

Perbedaan jenis kelamin turut berpengaruh, yakni remaja laki-laki menunjukkan respons yang lebih besar terhadap kafein dibandingkan remaja putri. Morin memerinci, perbedaan setelah masa pubertas itu dipicu oleh faktor psikologis, perbedaan hormon, dan faktor psikososial.

Penulis buku 13 Things Mentally Strong People Don’t Do itu mengutip para pakar bahwa secara keseluruhan, denyut jantung remaja laki-laki menurun lebih cepat akibat kafein dibandingkan remaja perempuan. Sementara, remaja putri menunjukkan peningkatan tekanan darah diastolik yang lebih tinggi.

“Orangtua tidak bisa selalu mengontrol apa yang dimakan anak, tapi bisa memberi edukasi mengenai batasan konsumsi kafein kepada mereka serta membiasakan minum air putih dan susu yang lebih sehat,” kata Morin, dilansir dari laman Verywell.

Sumber : Republika

To Top