Sosial

Bawaslu akan Buka Rekruitmen Pengawas Pemilu Provinsi

ACEHTERKINI.COM | Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) akan melakukan rekruitmen komisioner Bawaslu Provinsi menjelang tahapan Pilkada 2018 dan Pemilu 2019. Masa jabatan 25 Bawaslu provinsi akan habis pada September. Sementara Bawaslu Aceh akan berakhir tugas pada awal 2018 mendatang.

Ketua Bawaslu, Abhan mengatakan proses perekrutan komisioner Bawaslu provinsi tidak pendek. Setidaknya, dibutuhkan waktu 2–3 bulan sebelum berakhirnya masa jabatan.

Kantor Bawaslu 

”Makanya, kami harus rekrutmen setidaknya (mulai) Juni,” ujarnya dikutip dari situs jaringan berita JPNN, Sabtu (29/4/2017).

Dari 25 Bawaslu provinsi yang akan menyelesaikan masa baktinya itu, sebagian besar menyelenggarakan pilkada serentak pada 2018. Misalnya, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, dan Sumatera Utara.

Di saat bersamaan, pihaknya bersama Bawaslu provinsi dituntut untuk membentuk panitia pengawas pemilu (panwaslu) kabupaten/kota di ratusan daerah.

Karena Agustus harus terbentuk, rekrutmen tingkat kabupaten/kota akan dilakukan lebih cepat sekitar akhir Mei.

”Jadi, nanti beririsan, teman provinsi juga rekrutmen panwas kabupaten/kota, mereka juga akan ikut proses rekrutmen Bawaslu provinsi yang akan dilakukan Bawaslu pusat,” imbuhnya.

Sementara itu catatan acehterkini, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Aceh masa periode 2013 – 2018 juga akan segera berakhir pada April 2018 mendatang. Komisioner Bawaslu Aceh Asqalani, Dr Muklir, dan Zuraida Alwi dilantik di Bogor, Jawa Barat pada Senin 15 April 2013 oleh Ketua Bawaslu Pusat, Muhammad.

To Top