Peristiwa

Banjir Bandang Aceh Tenggara, 2476 Jiwa Mengungsi, 2 Meninggal, Ratusan Rumah Rusak

ACEHTERKINI.COM | Banjir bandang yang melanda Kabupaten Aceh Tenggara pada Selasa, 11 April 2017 sekitar pukul 18.00 wib kemarin mengakibatkan ribuan orang mengungsi, ratusan rumah rusak dan dua orang meninggal dunia.

Kepala BPBD Aceh Tenggara melalui Kasie Kedaruratan, Arianti Pinem S.Hut, Rabu (12/4/2017) malam tadi mengatakan jumlah pengungsi yang terdata sebanyak 2476 jiwa atau 648 Kepala Keluarga (KK).

“Dua orang meninggal dunia, yaitu Orlina Boru Sitorus (86) warga Desa Lawe Sigala Barat dan Terang Sitanggang (1,5) warga Desa Lawe Tua Gabungan, Kecamatan Lawe Sigala-Gala. Keduanya perempuan,” kata Arianti.

Berita Terkait :
Seorang Bayi Hilang, Satu Meninggal, Banjir Bandang di Aceh Tenggara
In Picture : Banjir Bandang di Aceh Tenggara
Aceh Tenggara Banjir Bandang, Rumah Warga Rusak Parah
Kodim Aceh Tenggara Bantu Evakuasi Korban Banjir Bandang

Arianti meralat informasi sebelumnya yang menyatakan seorang bayi berumur 8 bulan hilang dan masih dalam pencarian. “Ternyata umurnya 1,5 tahun bukan 8 bulan, korban sudah ditemukan meninggal dunia,” ujar Yanti dalam pesan singkatnya.

Banjir Bandang Aceh Tenggara, 2476 Jiwa Mengungsi, 2 Meninggal Dunia
Personil Kodim Aceh Tenggara Sedang Membersihkan Material Lumpur, Kayu dan Batu yang Menutup Badan Jalan Akibat Banjir Bandang di Kecamatan Sigala – Gala, Rabu 12 April 2017. [Foto : Istimewa]

Diinformasikan Pusdatin Badan Penangulangan Bencana Aceh (BPBA), Rabu (12/4/2017) pukul 20.00 wib, banjir bandang yang melanda 12 desa di tiga kecamatan di Aceh Tenggara ini mengakibatkan 166 unit rumah rusak berat, 91 unit rusak sedang, 134 unit rusak ringan dan 29 unit rumah terendam.

Banjir bandang melanda Desa Lawe Tua Gabungan, Desa Kayu Mbelin, Desa Lawe Tua Persatuan dan Desa Lawe Tua Makmur, Desa Lawe Sigala Barat, Desa Batu Dua Ratus, Desa Lawe Kesumpat, dan Desa Lawe Rakat, Kecamatan Lawe Sigala-Gala.

Kemudian musibah itu juga terjadi di Desa Lawe Beringin dan Desa Suka Makmur, Kecamatan Semadam dan Desa Lawe Lohing, Kecamatan Babul Makmur.

Titik pengungsi berada di Mesjid Simpang Semadam. Kondisi saat ini jalan di Desa Suka Makmur, Kecamatan Semadam yang sebelumnya tertutup longsor, kini sudah dapat dilalui. [Firman]

To Top