Sosial

Ayo Ikut Audisi Gita Bahana Nusantara

ACEHTERKINI.COM | Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh menggelar audisi Paduan Suara Gita Bahana Nusantara 2017 di tingkat provinsi untuk berlaga ke tingkat nasional. Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh, Reza Fahlevi mengatakan, kegiatan yang digelar setiap tahun ini memperbutkan hadiah total Rp46 juta.

“Kegiatan ini menjadi agenda rutin dari dinas untuk menyeleksi putra-putri terbaik Aceh, yang nantinya akan menjadi perwakilan pada Paduan Suara dan Orkestra Gita Bahana Nusantara Tingkat Nasional,” kata Reza Fahlevi, Jum’at (7/4/2017).

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh, Reza Fahlevi

Audisi Paduan Suara Gita Bahana Nusantara 2017 tingkat provinsi ini akan digelar pada 15 – 16 Mei 2017 di Gedung tertutup Taman Seni dan Budaya Aceh.

Petunjuk teknis, bahan audisi, formulir pendaftaran dan data calon peserta dapat diambil di Kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh. Pendaftaran dapat dilakukan secara langsung pada sekretariat atau dapat dilakukan via email base.disbudpar@gmail.com.

Audisi Gita Bahana Nusantara 2017 tingkat provinsi ini nantinya akan terpilih empat peserta dengan tipe suara alto, sopran, tenor dan bass.

Peserta yang lolos audisi tingkat provinsi akan dikarantina di Jakarta mulai tanggal 1-19 Agustus 2017. Mereka akan ditampilkan dalam acara kenegaraan di Gedung MPR/DPR RI tanggal 16 Agustus 2017 dan pada Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan ke-72 Republik Indonesia Tanggal 17 Agustus 2017, di Istana Merdeka RI.

Dalam audisi kali ini, kata Kepala Bidang Bahasa dan Senin Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh, Kemalawati, panitia sudah menentukan 11 lagu wajib yang harus dikuasai, yaitu Garuda Pancasila, Sapu Tangan dari Bandung Selatan, Bengawan Solo, Bangun Pemuda-Pemudi, Melati Suci, Indonesia Subur, Pantai Sepi, Tanah Air, Mandi, dan Indonesia Pusaka.

Adapun pelaksanaan audisi akan diikuti oleh Kabupaten/Kota seluruh Aceh yang telah lebih dahulu membuat seleksi di masing-masing daerah serta peserta dari jalur umum.

Audisi ini akan dipandu oleh satu orang dewan juri tingkat nasional utusan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI dan empat orang dewan juri profesional dari Aceh yang terdiri dari musisi, akademisi dan praktisi. [Rahmat]

To Top