Sosial

4 Hari Dilantik, Pj Keuchik Blang Manggeng Mengundurkan Diri

ACEHTERKINI.COM | Nurman SPdI, selaku Pejabat (Pj) Kepala Desa (Keuchik) Blang Manggeng, Kecamatan Manggeng, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) yang dilantik secara tertutup di ruang Asisten Pemerintahan Setdakab setempat pada Kamis (13/4/2017) atau sekitar empat hari yang lalu telah mengundurkan diri.

Pengunduran Nurman dari jabatan Pj Keuchik tersebut, tertuang dalam selembar surat yang ditujukan kepada Bupati Abdya melalui Camat Manggeng pada Senin, 17 April 2017. Alasan Nurman mengundurkan diri, karena memiliki kesibukan lain yakni sebagai tenaga pengajar pada Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Manggeng.

Berita Terkait :
Warga Protes, Pelantikan Pj Keuchik Blang Manggeng Gagal
Pj Keuchik Blang Manggeng Belum Kantongi Izin Kemenag
Bupati Abdya Pecat Keuchik Blang Manggeng
Tanpa Mengundang Keuchik yang Lama, Pj Keuchik Blang Manggeng Tetap Dilantik

“Tanpa ada paksaan dari pihak manapun disertai dengan pikiran yang waras,  saya resmi mengundurkan diri,” kata Nurman saat dihubungi wartawan, Selasa (18/4/2017) yang juga tertuang dalam isi surat pengunduran dirinya.

Warga Blang Manggeng Melakukan Protes Terkait Pelantikan Pj. Keuchik Blang Manggeng — dok. Rizal

Sementara itu, Camat Manggeng Tabari juga membenarkan bahwa pihaknya sudah menerima surat pengunduran diri Nurman SPdI yang dilantik pada Kamis (13/4/2017) lalu di ruang Asisten Pemerintahan Setdakab Abdya. Meskipun demikian, pihaknya tetap akan berkoordinasi dengan bupati mengenai tindak lanjut tentang pengunduran Nurman sebagai Pj Keuchik Blang Manggeng.

“Kita akan koordinasi dan memintak petunjuk dari atasan terkait pengunduran diri Nurman selaku Pj Keuchik. Bagaimana tindak lanjutnya nanti kita akan ikuti sesuai dengan arahan,” tutur Tabari singkat.

Terkait hal itu, Asisten Pemerintahan Setdakab Abdya, Drs Hanafiah, mengakui belum menerima surat pengunduran diri Nurman selaku Pj Keuchik Blang Manggeng yang baru beberapa hari dilantik.

Meskipun begitu, pihaknya akan konsultasi dengan bupati mengenai pengunduran diri Nurman dari Pj Keuchik. “Mungkin dalam beberapa hari ini akan kita evaluasi kembali tentang pengunduran diri Nurman, termasuk alasan dan dasar yang bersangkutan mengundurkan diri dari Pj Kecuhik,” ungkapnya.

Hanafiah juga mengatakan, bahwa Camat Manggeng sebelumnya tidak berkoordinasi tentang status Nurman yang merupakan PNS pada instansi Kementerian Agama (Kemenag). Seharusnya, sebelum membuat usulan Pj Keuchik, Camat harus periksa dulu status Nurman. Apalagi Nurman diketahui merupakan seorang Guru pada MTsN Manggeng.

“Kalau menurut hemat kami, pengunduran diri Nurman tidak menjadi masalah, jika nanti ada petunjuk lain dari Bupati akan kita laksanakan sesuai dengan perintah,” ujarnya singkat.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, Pelantikan Nurman menuai pro dan kontra dari warga Desa Blang Manggeng, termasuk mantan Keuchik Hermi yang sudah dipecat oleh Bupati Abdya Jufri Hasanuddin pada 4 April 2017 juga ikut bersuara. Alhasil, Pelantikan Nurman di Aula Kantor Camat gagal dilakukan hingga harus mengambil tempat secara tertutup di Ruang Asisten Pemerintahan Setdakab Abdya. (Rizal)

To Top