Pendidikan

Unsyiah Seleksi Mahasiswa Olimpiade Matematika dan IPA

ACEHTERKINI.COM | Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) menyelenggarakan seleksi tahap pertama Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Perguruan Tinggi (ON MIPA-PT) 2017 tingkat universitas. Ajang tersebut dilaksanakan di Aula Fakultas MIPA (FMIPA), Kamis (2/3/2017).

Ketua Panitia ON MIPA-PT 2017, Dr rer nat Ilham Maulana Ssi dalam sambutannya menyampaikan, kegiatan tahunan ini diikuti 211 peserta yang berasal dari lima fakultas di Unsyiah, yaitu peserta dari FMIPA sebanyak 113 orang, peserta dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) sebanyak 80 orang, Fakultas Teknik 13 orang, Fakultas Pertanian 3 orang, dan Fakultas Kedokteran 2 orang.

Seleksi Mahasiswa Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Perguruan Tinggi 

“Ada empat bidang ilmu yang dipertandingkan pada ON MIPA-PT, yaitu matematika, fisika, kimia, dan biologi,” sebut Ilham yang juga Wakil Dekan III FMIPA Unsyiah.

Ia mengatakan, masing-masing fakultas mengirimkan delegasi terbaiknya untuk bertanding di setiap kategori. Kategori biologi mempunyai jumlah peserta terbanyak mencapai 87 orang. Disusul kategori matematika 51 peserta, kimia 45 peserta, dan fisika 28 peserta. Nantinya akan dipilih tujuh peserta terbaik dari masing-masing kategori untuk mewakili Unsyiah pada kompetisi tingkat Koordinator Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) wilayah Aceh.

“Di tingkat Kopertis akan berlangsung seleksi tahap kedua untuk memilih perwakilan Aceh ke tingkat nasional,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Rektor III Unsyiah, Dr Ir Alfiansyah Yulianur BC berharap delegasi Unsyiah dapat memberikan hasil terbaik saat seleksi tahap kedua nanti. Seleksi Tahap II dilaksanakan secara serentak seluruh Indonesia pada tanggal 22-23 Maret 2017 oleh Kopertis di 14 wilayah di Indonesia.

Menurutnya, tahun lalu Unsyiah berhasil menyapu bersih semua juara pada setiap kategori. Maka diharapkan tahun ini Unsyiah dapat tampil kembali sebagai jawara.

“Unsyiah punya kebiasaan sapu bersih di tingkat wilayah Aceh dan berharap tahun ini kita dapat kembali mengulangnya,” pungkas Alfian. [Red]

To Top