Sosial

UIN Ar-Raniry Jalin Kerjasama dengan Perpusnas RI

ACEHTERKINI.COM | Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh melalui UPT. Perpustakaan UIN Ar-Raniry melakukan penandatangan naskah kerjasama dengan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas) RI terkait peningkatan kelembagaan dalam pelayanan, pengembangan dan pembinaan perpustakaan di ruang Heritage Perpusnas, Jakarta Pusat, Jum’at (17/3/2017).

Penandatangan naskah kerjasama itu ditanda tangani oleh Rektor UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Prof. Farid Wajdi Ibrahim, MS dan Kepala Perpusnas RI, Drs Muhammad Syarif Bando, MM. Turut disaksikan oleh Kepala UPT. Perpustakaan UIN Ar-Raniry, Drs. Khatib A. Latief, M.LIS.

UIN Ar Raniry dan Perpusnas RI Jalin Kerjasama

Kepala Perpusnas RI, Drs Muhammad Syarif Bando, MM mengatakan, Indonesia masih dikategorikan sebagai bangsa yang rendah budaya baca.

“Kondisi ini memalukan karena jumlah penduduk di Indonesia lebih banyak dari negara tetangga. Oleh karena itu Perpustakaan Nasional berupaya untuk merubah data tersebut,” kata dia.

“Kami fokus bekerja dengan Perguruan Tinggi karena ini akan lebih cepat mengubah pola baca anak-anak. Apa yang kita lakukan hari ini sangat penting bagi perpustakaan nasional dan tentu juga bagi UIN Ar-Raniry,” tambah dia lagi.

Sementara itu, Rektor UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Prof. Farid Wajdi Ibrahim, MA mengatakan, UIN Ar-Raniry sekarang sedang berbenah untuk menuju World Class University.

Menurutnya setelah tsunami, UIN mendapat hibah buku dari seluruh dunia, namun kemudian di luar kontrol kami banyak buku yang tidak terlacak.

“Saat ini kami fokus pengembangan IT dan sudah hampir mampu mengejar ketertinggalan dengan Universitas lain,” kata Farid Wajdi.

Kerjasama ini, lanjut rektor adalah bagian dari usaha UIN Ar Raniry untuk memacu penguatan mutu akademik.

“Untuk tahun ini saya sudah alokasikan anggaran khusus untuk pengadaan koleksi Rp.500.000.000.- dan Rp.100.000.000.- untuk per Fakultas. Kedepan akan fokus pada pengembangan IT di perpustakaan yang memungkinkan perpustakaan menjadi tempat yang disenangi mahasiswa,” tutup Rektor UIN Ar Raniry. [Red]

To Top