Nasional

SCDF dan BNPB Jalin Kerjasama Penanggulangan Bencana

ACEHTERKINI.COM | Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Willem Rampangilei menerima kunjungan Singapore Civil Defence Force (SCDF) Commissioner Eric Yap pada Selasa (28/2) di Graha BNPB, Jakarta Timur.

Kunjungan ini sebagai bentuk komitmen SCDF dalam menjalin kerja sama penanggulangan bencana dengan BNPB ke depan. Kunjungan tersebut merupakan kunjungan balasan yang telah dilakukan oleh Kepala BNPB pada tahun lalu.

“Kunjungan saya tahun lalu di SCDF sangat mengedukasi dan saya belajar banyak hal dari Singapura. Saya berharap kita dapat membangun kemitraan penanggulangan bencana di masa depan,” kata Willem seperti dilansir situs bnpb.go.id, Rabu (1/3/3017).

Singapore Civil Defence Force and SAF [Ilustrasi]

Pada kesempatan itu, Kepala Sub Direktorat Pencegahan BNPB Dr. Raditya Jati memaparkan secara komprehensif penanggulangan bencana di Indonesia. Raditya menyampaikan bahwa salah satu tantangan penanggulangan bencana di Indonesia adalah membangun ketangguhan masyarakat menghadapi bencana.

Sementara itu, Commissioner Eric Yap mengatakan bahwa SCDF yang memiliki moto ‘the Life Saving Force’ sangat berkomitmen dalam kerjasama dengan BNPB. Eric menyampaikan bahwa ke depan pihaknya melihat peluang kerjasama dalam bidang pelatihan dan kolaborasi SCDR dan BNPB. “Memang, kapasitas SCDF tidak sebesar yang dilakukan BNPB, Karena potensi ancaman Singapura yang lebih sedikit dibandingkan di Indonesia.” Kata Eric.

Namun demikian, hal senada disampaikan Eric bahwa kejadian bencana cenderung meningkat, di sisi lain masyarakat kurang siaga. Oleh Karena itu, Eric mengatakan, “Kesiapsiagaan dan ketangguhan serta partisipasi dari masyarakat sangat penting dalam tantangan ke depan.” Eric mencontohkan bagaimana SCDF telah menyiapkan 30 tahun lalu penanggulangan bencana di bidang kecelakaan industry kimia.

Pada akhir kunjungan, rombongan SCDF mengunjungi diorama edukasi bencana,  12, ruang pusat pengendali operasi (Pusdalops) BNPB, dan AHA Centre yang berlokasi di beberapa lantai Graha BNPB.  [Red]

To Top