Layanan Publik

Saber Pungli Kota Subulussalam “Vakum”

ACEHTERKINI.COM | Unit Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) Kota Subulussalam nilai belum bekerja maksimal terkesan vakum. Sejak dua bulan dibentuknya Satgas Sapu Bersih itu belum ada satupun kasus Pungutan Liar yang berhasil terjaring.

Sekretaris LSM Lumbung Informasi Rakyat Kota Subulussalam, Satria Tumangger —acehterkini

Hal ini menjedi sorotan Sekretaris LSM Lumbung Informasi Rakyat (LIRA) Kota Subulussalam, Satria Tumangger. Ia menilai Tim Saber Pungli yang dibentuk atas dasar tata kelola pemerintahan yang bersih, dengan pengawasan sistem pelayanan publik belum bekerja maksimal.

“Seharusnya sejak dikukuhkan tanggal 23 Januari 2017 lalu, Tim Saber Pungli ini sudah bertugas dalam memberantas Pungli sampai ke akar-akaarnya, dan turun ke bawah untuk melakukan pengawasan dan sosialisasi,” kata Satria, Jum’at (3/3/2017).

Padahal saat pengukuhan di Gedung Serbaguna bulan lalu, Walikota Subulussalam, Merah Sakti telah meminta agar Tim Saber Pungli bisa segera bekerja melakukan upaya pencegahan dan pembinaan kepada pera pejabat dalam wilayah Subulussalam, termasuk kepada kepala kampung.

Bahkan, Walikota menantang Tim Saber Pungli Subulussalam untuk menindak pelaku yang terindikasi melakukan pungutan. Serta upaya pencegahan melakukan sosialisasi terkait program satgas ini dalam memberantas pungli.

“Namun hingga kini Unit Saber Pungli Kota Subulussalam, dinilai belum melakukan tindakan apapun, dalam upayanya memberantas praktek Pungli, belum pernah ada Operasi Tangkap Tangan (OTT) di kota yang dikenal Tanah Syekh Hamzah Fansuri ini,” ujar Satria. [Mag – 010]

To Top