Sosial

Piasan Raya Kecamatan Teunom Dibuka, Geuchik Gunakan Pakaian Adat

ACEHTERKINI.COM | Sebanyak 22 geuchik atau kepala desa di Kecamatan Teunom menggunakan pakaian adat Aceh pada acara pembukaan Piasan Raya Aceh Jaya Gemilang Kecamatan Teunom, Rabu (29/3/2017). Para geuchik juga melakukan pawai di Lapangan Bola Kaki Keudee Teunom.

Camat Teunom Abdul Azis kepada acehterkini mengatakan, seluruh kepala desa beserta istri memang dianjurkan untuk memakai pakaian adat Aceh seperti halnya pengantin baru. “Tujuannya untuk memajukan adat dan budaya di Teunom, terutama di Kabupaten Aceh Jaya,” kata Abdul Azis.

Pembukaan Piasan Raya Kecamatan Teunom

Menurut Abdul Azis acara Piasan Raya Aceh Jaya Gemilang tersebut akan dilaksanakan selama tiga hari di Lapangan Bola Kaki Keudee Teunom. “Berbagai tarian dan permainan rakyat akan ditampilkan dalam lomba. Kemudian juga ada lomba kuliner khas Aceh yaitu memasak kuah jruek durian dan kuah pliek,” kata Camat Teunom.

Azis menyampaikan bahwa adat seni budaya ini harus dipertahankan agar anak cucu kita tahu bagaimana adat kita dan jangan sampai terguras dengan moderenisasi.

Piasan Raya Kecamatan Teunom ini dibuka oleh Sekda Aceh Jaya Mustafa Ibrahim, dihadiri Wakil DPRK Aceh Jaya, MPU, Kepala SKPK, para camat, para geuchik serta ribuan masyarakat yang datang berkunjung pada  pembukaan Piasan Raya Aceh Jaya Gemilang.

“Terselenggaranya Aceh Jaya Gemilang Tahun 2017 sebagai bentuk refleksi pembangunan pembangunan dimasa kepemimpinan Ir. Azhar Abdurrahman dan Tgk Maulidi selama lima tahun serta satu dekade kepemimpinan Azhar Abdurrahman selama 10 tahun memimpin Kabupaten Aceh Jaya,” ujar Plt. Sekda Aceh Jaya, Mustafa Ibrahim.

“Melalui kegiata ini, kita diminta untuk bisa menjaga segala bentuk adat istiadat dan seni budaya Aceh dari pengaruh era globalisasi,” ujarnya.

Mustafa mengatakan, kedepan dengan kepemimpinan bupati dan wakil bupati terpilih periode 2017 – 2022 bisa kembali melanjutkan program-program pro rakyat di bawah Gerakan Pembangunan Rakyat Aceh Jaya Sejati (Gerbang Raja Sejati). [Arif]

To Top