Sosial

Peresmian Titik Nol Islam Nusantara di Barus. Mahasiswa Aceh Kecewa pada Jokowi

ACEHTERKINI.COM | Sejumlah mahasiswa Aceh yang tergabung dalam Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) menyesalkan sikap Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) yang telah meresmikan titik nol Islam Nusantara di Barus, Sumatera Utara. Kekecewaan mahasiswa ini diutarakan setelah melakukan pertemuan dengan pengurus BEM dari sembilan kampus di Aceh.

Salah seorang anggota BEM Universitas Islam Negeri (UIN) Ar – Raniry, Misran mengatakan, mahasiswa Aceh menolak peresmian titik nol Islam Nusantara di Barus, Sumatera Utara oleh Presiden RI, Joko Widodo pada 24 Maret 2017 lalu.

Anggota BEM Mahasiswa dari Sembilan Kampus di Aceh Menolak Peresmian Titik Nol Islam Nusantara di Barus —

Alasannya, kata Misran masuknya Islam ke Indonesia dari pesisir pantai utara Aceh yaitu Pasee, Aceh Utara tepatnya masa Kerajaan Samudera Pasai. Kerajaan itulah yang menyebarkan Islam ke nusantara hingga sebagian Malaya.

“Ada batu nisan Islam di Aceh yang juga baru ditemukan, tepatnya di LAMURI yang merupakan bukti sejarah bukan dongeng,” kata Misran, Rabu (29/3/2017).

Misran bersama anggota BEM dari sembilan kampus di Aceh juga mendesak Pemerintah Aceh agar dapat meluruskan persoalan tersebut, karena dianggap sebagai pendangkalan sejarah. “Kami akan turun ke jalan untuk menyampaikan persoalan ini,” katanya.

Menurut Misran peresmian titik nol Islam Nusantara di Barus, Sumatera Utara itu merupakan bagian dari kepanikan pemerintah untuk pengalihan isu-isu.

Pertemuan tersebut dihadiri sejumlah presiden mahasiswa dan anggota dari BEM Unsyiah, UIN Ar Raniry, STKIP Bina Bangsa Getsempena, Universitas Abulyatama, Universitas Ubudiyah Indonesia, Poltekkes Aceh, Universitas Muhammadiyah Aceh, Universitas Serambi Mekkah dan Al Wasliyah.

Sebagaimana diketahui, Presiden RI, Joko Widodo meresmikan tugu titik nol Islam Nusantara di Barus, Tapanuli Tengah, Sumatera Utara. Acara itu dirangkai dengan silaturrahmi nasional Jam’iyah Batak Muslim Indonesia, 24 Maret 2017. [Edi]

To Top