Sosial

Pelajar SMU di Simeulue Dibekali Wawasan Kebangsaan

ACEHTERKINI.COM | Kepala Staf Kodim 0115, Kabupaten Simeulue Mayor Inf Irwan, S. Pd memberikan Sosialisasi Pendidikan Wawasan Kebangsaan Bagi Pelajar tingkat SLTA Sederajat di SLTA Negeri 1 Simeulue Tengah, Desa Kampung Aie, Kecamatan Simeulue Tengah, Kabupaten Simeulue, Senin (27/3/2017).

Sosialisasi tersebut diikuti oleh 100 orang yang terdiri dari Kasat Binmas Polres Simeulue Iptu Aritonang, Ka Kesbangpol Simeulue Sahirman, Kepala sekolah SLTA Aslan S.pd, Para guru SLTA dan para pelajar.

Pelajar SMU di Simeulue ikut Pendidikan Wawasan Kebangsaan

Tujuan dilaksanakan Sosialisasi tersebut, untuk mewujudkan generasi muda yang berwawasan kebangsaan dan untuk mewujudkan generasi muda yang cinta tanah air dan Berbineka Tunggal Ika yang dapat mempererat persatauan dan kesatuan.

Kepala Staf Kodim 0115/Simeulue menyampaikan Pancasila sebagai sumber dari segala sumber hukum, artinya, Pancasila sebagai idiologi negara merupakan dasar dan arah kebijakan politik.

Selain itu, Pancasila sebagai karakter bangsa, yaitu merupakan dasar dan tujuan strategi kebudayaan serta pancasila sebagai pandangan hidup dasar dan pedoman sikap serta perilaku.

“Setiap negara pasti memiliki strategi tersendiri untuk membangkitkan patriotisme dan nasionalisme di kalangan generasi mudanya, ada yang bersifat preventif misalnya melalui pendidikan sosialisasi tentang pentingya patriotisme,” ucapnya.

Kasdim mengharapkan untuk para guru terus menekan materi tentang wawasan kebangsaan, sehingga para siswa pun bisa menerapkan nilai-nilai Pancasila beserta ideologinya. [Red]

To Top