internasional

Nike Luncurkan Jilbab untuk Atlit

ACEHTERKINI.COM | Nike akan meluncurkan produk baru berupa hijab untuk para atlet muslim awal tahun depan, langkah ini menjadikannya brand olahraga besar pertama yang membuat hijab pertama yang dirancang khusus untuk kompetisi, kata perusahaan itu seperti dilansir Reuters, Kamis.

Penutup kepala yang ada di bawah brand “Pro Hijab” dirancang agar atlet bisa memakai hijab tanpa mengganggu penampilan.

Dibuat dari bahan fleksibel yang ringan, hijab ini diperkirakan mulai dijual pada awal 2018.

Baru-baru ini hijab jadi salah satu simbol budaya Islam yang paling terlihat di AS dan Eropa. Banyak perempuan menutup kepalanya dengan hijab sebagai tanda kesantunan.

Dengan sensitivitas di imugrasi dan kekhawatiran ancaman dari Islam garis keras, hijab telah memicu penyerangan terhadap perempuan muslim. Pada saat yang sama, hijab ini menjadi simbol keberagaman yang dipegang Nike.

Para atlet muslim mengunjungi markas besar Nike di Beaverton, Oregon, di luar Portland dan mengeluh soal kesulitan memakai hijab saat berkompetisi.

Menurut Nike, perusahaan itu berkonsultasi pada atlet perempuan muslim dari seluruh dunia, termasuk pelari dan atlet sepeda dari Timur Tengah, dalam merancang hijab tersebut.

Perusahaan lain juga mulai menjual hijab untuk para atlet muslim.

Tahun lalu, perusahaan busana olahraga Denmark Hummel membuat baju pemain bola lengkap dengan hijab untuk tim sepak bola perempuan Afganistan.

Atlet muslim non profesional telah menggunakan hijab atletik dari perusahaan yang lebih kecil dari Nike.

Namun, langkah Nike bisa membuat semakin banyak muslim yang menggeluti olahraga tanpa khawatir, kata atlet angkat beban dari UEA Amna Al Haddad yang disponsori Nike dan salah satu orang yang memberi konsultasi “Pro Hijab”.

“(Itu akan) mendorong generasi baru untuk jadi olahragawan tanpa merasa ada pembatasan karena busana menutup aurat,” kata Haddad.

Sumber : Antara News

To Top