Sosial

Musrenbang 2018 Abdya Fokus Pada Kesejahteraan Rakyat

ACEHTERKINI.COM | Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya (Pemkab Abdya) menggelar Musyawarah Perencaaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pembangunan Kabupaten (RKPK) tahun 2018 yang terfokus pada kesejahteraan rakyat di kabupaten setempat.

Pelaksanaan Musrenbang tersebut tidak terlepas dari upaya penyerapan yang dilakukan dalam Musrenbang di sembilan kecamatan, mulai dari Kecamatan Lembah Sabil hingga Kecamatan Babahrot.

Dalam Musrenbang tersebut ada sejumlah prioritas yang menjadi dasar pembangunan Abdya pada tahun 2018 mendatang, diantaranya, pemberdayaan ekonomi masyarakat, peningkatan kualitas pendidikan dan pelayanan kesehatan, peningkatan infrastruktur publik, peningkatan kualitas pelayanan publik, peningkatan nilai tambah sektor-sektor strategis dan terakhir peningkatan nilai-nilai syariat Islam.

Musrenbang Tahun 2018 di Kabupaten Aceh Barat Daya 

Asisten Administrasi Umum Setdakab Abdya Drs Yafrizal mewakili Pemkab Abdya, dalam pembukaan Musrenbang tersebut Rabu (22/3/2017) menyampaikan, kegiatan Musrenbang ini lebih fokus pada kesejahteraan masyarakat. Dimana, kegiatan ini bertujuan untuk menyusun serta menentukan kerangka pembangunan agar lebih terarah dan terfokus, serta harus sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

“Perlu kami sampaikan, berdasarkan Undang-Undang nomor 25 tahun 2004, menuntut tanggung jawab besar kepada kita agar mampu mengatur dan mengurus kepentingan masyarakat arus bawah berdasarkan aspirasi masyarakat sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” kata Yafrizal dihadapan sejumlah kepala SKPK dalam acara Musrenbang yang berlansung selama dua hari di Aula Tengku di Kila Bappeda Abdya.

Untuk itu, pihaknya berharap kepada seluruh kepala SKPK khususnya, agar dalam Musrenbang RKPK Tahun 2018 ini dapat mengusulkan program dan kegiatan prioritas yang mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara menyeluruh dengan tetap mengacu pada kondisi pendapatan keuangan daerah.

“Kita semua berharap, agar hasil Musrenbang ini akan memberikan manfaat yang sebesar-besarnya kepada peningkatan kesejahteraan seluruh komponen masyarakat Abdya,” ujar Yafrizal sekaligus membuka acara Musrenbang tersebut.

Sebelumnya, Kepala Bappeda Abdya Weri SE MA, dalam laporannya, mengemukakan, tujuan Penyelenggaraan Musrenbang Kabupaten Abdya Tahun 2018, untuk menyelaraskan prioritas dan sasaran pembangunan Kabupaten Abdya dengan arah kebijakan, prioritas dan sasaran pembangunan Provinsi Aceh dan Nasional.

“Maksudnya, kita mengklarifikasi usulan program dan kegiatan yang telah disampaikan masyarakat kepada pemerintah kabupaten pada Musrenbang kecamatan beberapa waktu lalu,” terangnya singkat.

Musrenbang Kabupaten ini mengangkat tema peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui pemberdayaan ekonomi, peningkatan infrastruktur publik dan nilai tambah sektor-sektor strategis. (Rizal)

To Top