Hukum

Mahkamah Agung Terima Gugatan Pilkada Abdya Said-Nafis

ACEHTERKINI.COM | Mahkamah Agung menerima pendaftaran permohonan sengketa penyelesaian perselisihan hasil pilkada dari kabupaten Aceh Barat Daya yang di ajukan oleh Said Samsul Bahri dan M Nafis A Manaf selaku pasangan Calon yang di rugikan oleh keputusan KIP sehingga tidak dapat memperoleh suara dalam Pilkada 15 Februari lalu.

Permohonan di wakili oleh Safaruddin selaku kuasa hukum Said dan Nafis.

Kuasa Hukum Said-Nafis, Safaruddin Mengajukan Permohonan Sengketa Pilkada Abdya ke Mahkamah Agung [Ist]

“Permohonan tersebut di terima oleh Maryanah, SH, Kasi Penelaahan Berkas Perkara pada kamar Tata Usaha Negara (TUN)  Mahkamah Agung,” sebut Safaruddin, Rabu (1/3/2017).

Adapun dasar pengajuan permohonan penyelesaian sengketa Pilkada Aceh di atur dalam pasal  74 UU No 11 Tahun 2006 tentang Pemerintahan Aceh.

Dengan adanya aturan dalam UUPA yang menjadi UU Khusus bagi Aceh, Safaruddin mengatakan, pihaknya juga mengajukan gugatan perselisihan hasil Pilkada ke Mahkamah Konstitusi.

Baca Juga : Tidak Bisa Ikut Pilkada, Said Syamsu Gugat ke MK

Jika mengacu pada pasal 74 UUPA maka tidak ada ambang batas persentasi minimal untuk syarat mengajukan sengketa hasil pilkada sebagaimana di atur dalam pasal 158 UU 10 tahun 2016 dan PMK No 1 tahun 2016.

Said dan nafis meminta agar Mahkamah Agung membatalkan Keputusan KIP Kabupaten Aceh Barat Daya Nomor 02/Kpts/KIP-Kab-001.434543/tahun 2017 tentang Penetapan Rekapitulasi Hasil Perhitungan Perolehan Suara dan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Aceh Barat Daya tahun 2017 Tanggal 23 Februari 2017 dan Berita Acara Rekapitulasi Perolehan Suara di tingkat Kabupaten dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Aceh Barat Daya tahun 2017 yang di tetapkan pada tanggal 23 Februari 2017.

Kemudian meminta Mahkamah Agung untuk menerbitkan Keputusan terbaru tentang penetapan Said Syamsul-Nafis Amanaf masuk daftar pasangan calon bupati/wakil bupati Abdya, dan memerintahkan kepada KIP Abdya untuk melaksanakan Pilkada ulang. [Red]

To Top