Sosial

“Kecelakaan Pesawat di Perairan Krueng Raya, Penumpang Selamat”

ACEHTERKINI.COM | Kecelakaan pesawat Cassa 212 rute Sabang – Meulaboh milik maskapai Ozie Group di Perairan Krueng Raya, Kabupaten Aceh Besar, Rabu (22/3/2017). Seluruh penumpang dan awak kabin selamat dan langsung dievakuasi oleh helicopter Sarnas ke kapal KN Kresna milik Basarnas.

Kejadian itu merupakan rangkaian simulasi dalam latihan bersama SAR dalam rangka Demo Search and Rescue (SAR) di Pelabuhan Malahayati, Krueng Raya, Kecamatan Masjid Raya.

Upacara pembukaan SAR ini diikuti 400 Orang tergabung dari satu Peleton dari Yonif Raider 112/DJ, satu regu dari TNI AL, satu Peleton dari TNI AU, satu peleton dari Brimobda Aceh, satu regu dari Polisi Airud,  satu peleton dari Basarnas Aceh dan satu Peleton dari Akademi Maritim BP2IP.

Kepala Badan SAR Nasional, Marsekal Muda TNI Syaugi S.Sos.M.M mengatakan, sebagai Negara yang berada didaerah rawan kecelakaan dan bencana baik kecelakaan penerbangan, pelayaran, lalu lintas angkutan jalan maupun bencana yang disebabkan faktor alam dan juga oleh ulah manusia, dimana kejadian kecelakaan tersebut terus meningkat dari tahun ke tahun, kondisi ini menuntut Basarnas untuk mampu melaksanakan pencarian dan pertolongan secara cepat dan tepat.

“Penangulangan kecelakaan dan Bencana tersebut perlu ditangani secara Konferensif, Multisektor, terpadu dan terkoordinasi antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah,”kata Marsekal Muda TNI Syaugi.

Kepala Badan SAR Nasional juga menjelaskan, adapun  upaya – upaya peningkatan dan penguatan kapasitas SDM yaitu dengan cara melaksanakan  diklat dasar SAR, Diklat lanjutan SAR, Diklat Menajerial SAR maupun dengan melakukan latihan ataupun peningkatan kelembagaan. [Red]

To Top