Hukum

Kasus Solar Subsidi di Abdya Dilimpahkan ke Jaksa

ACEHTERKINI.COM | Kasus penyalahgunaan bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi jenis solar di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) sudah dikirimkan kepada pihak Kejaksaan Negeri (Kejari) Abdya oleh Satuan Reskrim Polres setempat.

Dalam kasus itu, Polisi baru menetapkan satu orang tersangka setelah melalui proses penyelidikan, termasuk keterangan saksi ahli dari Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Perindustrian dan Perdagangan (Diskop UKM Perindag) Abdya.

Kasus Solar Subsidi di ABdya Sudah Dilimpahkan ke Jaksa —- dok acehterkini

Kapolres Abdya, AKBP Hairajadi, SH melalui Kasat Reskrim, AKP Misyanto kepada wartawan, Kamis (9/3/2017) membenarkan kalau SPDP Kasus Solar Bersubsidi itu sudah dikirimkan ke pihak Kejaksaan. Selain sudah memeriksa saksi ahli dari Diskop UKM Perindag Abdya dalam hal ini Kabid Perdagangan, pihak Polres juga akan memeriksa saksi dari pihak SPBU Keude Paya yang diduga tempat pelaku mengambil BBM jenis solar itu.

Dari hasil penyelidikan, polisi baru menetapkan satu tersangka atas nama RS (55) warga Desa Kepala Bandar, Kecamatan Susoh yang merupakan sopir truk colt diesel dengan nomor polisi BK 9790 BI yang memuat delapan buah jerigen solar subsidi bersama rekannya MJ (43) warga Blang Kuala, Kecamatan Susoh, Kabupaten Abdya.

Baca Juga : Intel Kodim Abdya Amankan Ratusan Liter Solar Subsidi

Berdasarkan keterangan dari tersangka, minyak bersubsidi sebanyak 256 liter sengaja dibeli di SPBU yang berlokasi di Desa Keude Paya. Rencananya BBM tersebut akan dijual kembali kepada pelaksana proyek di kawasan Krueng Teukuh, Kecamatan Kuala Batee. Namun akibat adanya kecurigaan oleh tim intel Korem dan Kodim 0110/Abdya, minyak tersebut tidak sampai ke tangan pembeli.

“Pihak Intel Kodim Abdya sudah menyerahkan barang bukti berupa delapan jerigen solar ke Polres untuk proses hukum lebih lanjut,”sebut Misyanto.

Dari dua orang pelaku itu, lanjut Misyanto, polisi baru menetapkan satu tersangka yang memiliki peran utama dalam kasus tersebut yakni RS (55). Sedangkan MJ (43) masih diperiksa sebagai saksi, dimana keterlebitannya dalam kasus ini sebagai orang yang diminta bantu oleh RS untuk menaikan minyak ke dalam truk. Namun tidak tertutup kemungkinan jumlah tersangka akan terus bertambah. [Rizal]

To Top