Hukum

Kasus Mobil Anggota Dewan di Bobol Maling Sudah Ditangani Jaksa

ACEHTERKINI.COM | Perkara kasus pembobolan mobil milik salah satu anggota DPRK Aceh Barat Daya (Abdya) sudah dilimpahkan kepada Kejaksaan Negeri (Kejari) setempat. Dalam kasus tersebut, Jaksa Penuntut Umum (JPU) menetapkan satu orang tersangka dengan inisial HW (19) warga Kecamatan Samadua, Kabupaten Aceh Selatan.

Selain HW, JPU Kejari Abdya juga menyebutkan rekan dari tersangka berinisial AS alias kucing. Pelaku itu juga merupakan warga Samadua. Saat ini, AS masih dalam status data pencarian orang (DPO).

Mobil Anggota DPRK Abdya Di Bobol Maling — dok.acehterkini

Kajari Abdya Abdul Kadir SH MH melalui Kasi Pidum Firmansyah Siregar SH, diruang kerjanya, Kamis (30/3/2017) mengatakan, HW ditangkap oleh pihak kepolisian pada tanggal 8 Februari 2017 lalu di Tapaktuan.

Penangkapan itu berawal dari hasil koordinasi dengan Satuan Reskrim Polres Abdya terkait kasus pembobolan mobil milik anggota DPRK Abdya yang terjadi pada Minggu, 8 Januari 2017 silam di depan Mesjid At-Taqwa, Desa Keude Siblah, Kecamatan Blangpidie.

Berita Terkait : Mobil Anggota DPRK Abdya di Bobol Maling

“Saat ini kita sudah menetapkan satu tersangka dengan inisial HW, sedangkan rekannya AS masih DPO,” kata Firman didampingi Kasi Datun Darma Mustika SH.

Dikatakan, Firman, tersangka sudah sering melakukan aksinya disejumlah daerah. Namun dapat dihentikan oleh kepolisian setelah kedapatan membobol mobil di Abdya. Dalam melancarkan aksinya pelaku menggunakan pecahan busi yang dibasahkan dengan air untuk memecahkan kaca mobil.

Ancaman terhadap tersangka maksimal 7 tahun penjara, sesuai dengan  pasal 363 KUHP ayat 1,2,5 tentang pencurian yang didahulukan dengan perusakan.

Sat Reskrim Polres Abdya menyerahkan kasus tersebut dengan nomor perkara B/66/III/2017/Reskrim, tentang penyerahan tersangka dan barang bukti ke Kejaksaan untuk dilimpahkan ke Pengadilan dan disidangkan. “Menunggu dilimpahkan ke pengadilan, tersangka menjadi tahanan Jaksa selama 20 hari,” ungkap Firman singkat. [Rizal]

To Top