Pendidikan

Gubernur Kukuhkan 664 Kepala SMA Se – Aceh

ACEHTERKINI.COM | Menindaklanjuti kewenangan pengelolaan pendidikan SMA oleh provinsi, Gubernur Aceh, Zaini Abdullah mengukuhkan 664 orang Kepala SMA, SMK dan Sekolah Pendidikan Khusus se- Aceh di Anjong Mon Mata, Senin (27/3/2017).

Zaini Abdullah mengatakan, pengukuhan tersebut merupakan tindak lanjut Undang-Undang Nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, dimana ditegaskan bahwa mulai mulai 1 Januari 2017 tanggungjawab dan kewenangan pengelolaan pendidikan setingkat SMA dan Sekolah luar biasa berada di tingkat provinsi.

“Pengangkatan dan pengukuhan kepala sekolah ini juga  sejalan dengan amanat Undang-Undang Pemerintahan Aceh Nomor 11 tahun 2006 yang menyatakan bahwa Pemerintah Aceh bertanggungjawab menjamin penyelenggaraan pendidikan bermutu, merata, dan adil di Aceh,” kata Zaini.

Pengukuhan 664 Kepala SMA, SMK se Aceh 

Zaini Abdullah menyampaikan, pendidikan merupakan salah satu prioritas utama Pemerintah Aceh, karena itu, Pemerintah Aceh terus melakukan berbagai upaya untuk memajukan pendidikan di Aceh.
“Suatu Bangsa akan maju, bila didukung oleh SDM yang kuat, dan untuk melahirkan SDM yang kuat ini, maka pendidikan harus terus ditingkatkan,” ujar Zaini.

Salah satu langkah yang dilakukan Pemerintah Aceh kata Zaini, dengan menerapkan kebijakan ketat dalam memilih para kepala sekolah di tingkat SMA/SMK dan di sekolah pendidikan khusus.

“Saya telah memerintahkan Dinas Pendidikan Aceh untuk membentuk tim khusus guna mengevaluasi kinerja para kepala sekolah SMA/SMK dan pendidikan khusus di Aceh sebagai landasan untuk melakukan perbaikan di segala bidang,” kata Zaini.

Berdasarkan evaluasi tersebut lanjut Zaini, ditetapkan sejumlah nama untuk diberi amanat memimpin sistem pendidikan yang di sejumlah SMA/SMK dan pendidikan khusus di Aceh. [Red]

To Top