Nasional

Duh, 2500 Desa Belum Nikmati Aliran Listrik

ACEHTERKINI.COM | Sebanyak 2.500 desa di seluruh Indonesia belum menikmati aliran listrik. Sementara itu, sepuluh ribu desa menikmati listrik ala kadarnya.

’’Misalnya, dalam satu kelurahan, hanya satu dusun yang berlistrik,’’ ujar Menteri ESDM Ignasius Jonan dikutip situs jaringan JPNN, Kamis (30/3/2017).

Dia menuturkan, tarif yang terjangkau masih menjadi fokus pemerintah. Karena itu, efisiensi biaya pokok produksi listrik terus diupayakan untuk diturunkan.

Belajar dalam gelap [Foto Ilustrasi]

Pada April sampai Juni tidak ada kenaikan listrik, kecuali bagi pelanggan 900 VA yang mampu. ”Subsidi listrik mereka dikurangi pelan-pelan,’’ kata Jonan.

Dia memerinci, nilai subsidi listrik tahun ini mencapai Rp 47 triliun. Jumlah yang cukup besar tersebut diharapkan bisa menurun dengan pencabutan subsidi bertahap bagi sebagian pelanggan golongan 900 VA.

Sebelumnya, pemerintah mencabut subsidi secara bertahap pada Januari sampai Juni. Pencabutan subsidi itu dikhususkan pelanggan 900 VA yang masuk kategori rumah tangga mampu (RTM).

Selain itu, jika PLN mampu menggenjot efisiensi, jumlah tersebut dipastikan turun lebih banyak.

’’Kalau PLN efektif dan efisien, mungkin subsidi makin lama makin turun,’’ imbuhnya.

Jonan menyatakan, pemerintah tengah fokus meningkatkan kapasitas listrik. Anggaran subsidi juga bisa dialokasikan untuk tujuan itu.

To Top