Politik

DKPP Rehabilitasi KIP dan Anggota Panwaslih Aceh Jaya

ACEHTERKINI.COM | Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) merehabilitasi Komisioner Independen Pemilihan (KIP) Aceh Jaya dan empat orang anggota Panwaslih Aceh Jaya karena tidak melanggar kode etik.

Putusan DKPP itu itu dibacakan di Ruang Sidang DKPP, Jakarta, Rabu (1/3/2017) pukul 14.00 WIB. Sidang ini disiarkan pula melalui video conference di kantor sekretariat Bawaslu provinsi terkait.

Ketua DKPP, Jimly Asshiddqie

Selaku ketua majelis Jimly Asshiddqie dan anggota majelis anggota majelis Nur Hidayat Sardini, Anna Erliyana, Valina Singka Subekti, dan Endang Wihdatiningtiyas.

Dilansir laman DKPP, Rabu (1/3/2017), dalam pembacaan tersebut, DKPP merehabilitasi sebanyak lima anggota KIP Aceh Jaya dan empat orang anggota Panwaslih Aceh Jaya yang dinilai tidak melanggar kode etik. DKPP juga menjatuhkan vonis pemberhentian tetap kepada Ketua Panwaslih Aceh Jaya.

Menurut Jimly Asshiddiqie, putusan DKPP bersifat final dan mengikat. Putusan lembaganya tidak bisa dijadikan objek perkara di PTUN.  DKPP hanya berkaitan dengan etika. Tempat banding terhadap putusan DKPP, harus lembaga di atasnya. “Sekarang belum ada lembaganya. Jadi putusan DKPP itu final,” ujarnya.

Nama- Nama Anggota KIP Aceh Jaya yang direhabilitasi adalah Helmi Syahrizal, ketua KIP Kabupaten Aceh Jaya, Afrizal, Sofyan Ali, Yadwar, Hazizah, masing-masing sebagai anggota KIP Kabupaten Aceh Jaya.

Kemudian empat orang anggota Panwaslih Aceh Jaya yang direhabilitasi adalah Usdineva, Mahlal, Mutar Wali, dan Abdul Hamid masing-masing sebagai anggota Panwaslih Kabupaten Aceh Jaya. [Red]

To Top