Layanan Publik

Belasan Tahun Jalan Desa Bineh Krueng Terabaikan

ACEHTERKINI.COM | Jalan sepanjang 500 meter di Dusun Sa’adah, Desa Bineh Krueng, Kecamatan Tangan-Tangan, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) luput dari perhatian pemerintah setempat. Warga yang bermukim di lokasi jalan itu mempertanyakan kapan jalan itu akan diaspal.

Muhib, salah satu warga Dusun Sa’dah, Desa Bineh Krueng, Senin (20/3/2017) mengemukakan, jalan sepanjang 500 meter itu pernah di aspal goreng sekitar tahun 2000 silam. Namun hingga saat ini jalan dengan lebar rata-rata 5 meter tersebut tak kunjung diperbaiki kembali.

Kondisi Jalan Desa Bineh Krueng, Kecamatan Tangan-Tangan, Abdya, Warga Berharap Jalan Tersebut Diaspal

“Kita berharap, pemerintah tidak mengabaikan keluhan warga disini. Dimana, kita sangat berharap jalan itu diaspal kembali,” ungkapnya.

Jalan ini terbengkalai dengan waktu yang cukup lama, sehingga badan jalan sudah mulai nampak berlobang yang berbentuk kubangan. Saat hujan turun kubangan itu akan dipenuhi air, jika musim kemarau banyak debu, dan musim hujan berlumpur.

“Tidak sedikit warga yang jatuh saat melintasi jalan ini, bahkan ada warga yang mengalami luka berat hingga harus dirawat secara intensif. Dengan demikian, kami bermohon kepada pemerintah agar menyisihkan sedikit anggaran untuk pembangunan jalan tersebut,” lanjut Muhib.

Terakhir Muhib, bersama dengan warga lainnya, mengaku sudah beberapa kali pihak desa mengusulkan agar jalan itu diaspal, akan tetapi usulan dimaksud sering tidak ditanggapi bahkan terabaikan begitu saja.

“Kita mengerti, kalau anggaran di Abdya terbatas, akan tetapi dalam setiap tahunnya mohon diupayakan untuk pembangunan jalan tersebut, baik dengan anggaran daerah atau dari provinsi,” demikian tandasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PU dan PR) Abdya Rahwadi ST melalui Kabid Bina Marga Afrida Surya ST, mengatakan, hingga saat ini pihaknya belum melihat daftar tentang adanya peningkatan jalan di wilayah Desa Bineh Krueng, Kecamatan Tangan-Tangan. Meskipun begitu, lanjut Afrida, pihaknya akan segera memeriksa kembali daftar Musrenbang yang ada di Bappeda Abdya.

“Kita akan cek dulu dalam Musrenbang, karena setiap pembangunan yang ada di Abdya akan mengacu pada Musrenbang,” ungkapnya.

Disamping itu, pihaknya juga akan turun ke lapangan untuk mengecek lokasi jalan tersebut. jika itu merupakan pioritas utama bagi masyarakat setempat, maka akan segara diusulkan dalam tahun 2017 atau 2018 nanti.

“Kita cek dulu ke lapangan, setelah itu nanti baru kita lakukan pengusulan. Fungsi PU disini merupakan eksekutor, kemudian kita juga tidak bisa mengabaikan dengan keterbatasan anggaran daerah saat ini,” ujar Afrida singkat. (Rizal).

To Top