Lingkungan

Bayi Gajah Lahir di Pusat Konservasi Trumon Aceh Selatan

ACEHTERKINI.COM | Seeokar bayi gajah lahir di Pusat Konservasi Trumon, Aceh Selatan pada Kamis (16/3/2017) sekitar pukul 00.30 WIB. Bayi gajah tersebut lahir dari indukan gajah bernama Siska umur 36 tahun dan Meutuah umur 36 tahun.

Siska (36) bersama anaknya yang baru lahir — acehterkini

Kepala Conservation Response Unit (CRU) Trumon, Rusdi kepada acehterkini, Kamis mengatakan saat ini kondisi bayi gajah bersama induknya dalam keadaan sehat. Saat kelahiran berjalan normal dan lancar. Bayi gajah ini berjenis kelamin betina dengan berat 80 kilogram.

“Kita berikan asupan nutrisi yang bagus kepada induknya berupa buah-buahan dan tebu karena anaknya menyusui. Jika umur bayi gajah ini sudah delapan bulan baru bisa makan sendiri,” kata Rusdi.

Siska bersama anaknya yang baru lahr, Kamis (16/3/2017) —- acehterkini

Dengan lahirnya bayi gajah itu, kini jumlah gajah jinak di CRU Trumon sudah bertambah menjadi lima ekor.

“Saat ini ada empat gajah jinak yang didatangkan dari Pusat Pelatihan Gajah di Saree, Aceh Besar pada Juli 2012 lalu, dengan lahirnya bayi ini maka jumlah gajah di CRU Trumon sudah menjadi lima ekor, yaitu dua gajah jantan dan tiga gajah betina,” kata Rusdi.

Siska bersama anaknya yang baru lahir di CRU Trumon, Aceh Selatan —- acehterkini

Terkait konflik gajah di Trumon Aceh Selatan, Rusdi mengatakan sudah jauh berkurang. Sejak tahun 2012 sampai sekarang gangguan gajah liar sudah semakin berkurang. “Sudah 90 persen berkurang, kawanan gajah liar itu kini sudah sering ke Subulussalam,” demikian Rusdi.  [Firman]

To Top