Layanan Publik

Banda Aceh Luncurkan Aplikasi Akta Kelahiran Online

ACEHTERKINI.COM | Pemerintah Kota Banda Aceh melalui Disdukcapil secara resmi meluncurkan aplikasi Akta Kelahiran Online, di Aula Lantai IV Gedung A, Balaikota, Rabu (22/3/2017).

Selain aplikasi Akta Kelahiran Online, Illiza juga meluncurkan program Pencatatan Kelahiran Berbasis Gampong.

Illiza mengatakan, inovasi ini menjadi bukti kegigihan dan komitmen Pemerintah Kota Banda Aceh dalam melayani masyarakat khususnya dalam pengurusan Akta Kelahiran.

“Diluncurkannya sistem Akta Kelahiran Online dan Pencatatan Kelahiran Berbasis Gampong tersebut, sehingga masyarakat tidak perlu harus datang ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, warga cukup datang saja saat pengambilan Akte Kelahiran saja,” kata Illiza.

Pemerintah Kota Banda Aceh Luncurkan Aplikasi Akta Kelahiran Online, Rabu

“Inilah salah satu dampak positif dari perkembangan kemajuan Teknologi Informasi, kita dapat memberikan kemudahan-kemudahan dalam pelayanan pemerintahan kepada masyarakat,” ujar Illiza.

Kata Illiza, saat ini teknologi informasi dan komunikasi merupakan salah satu jenis dari bentuk teknologi yang berkembang dengan sangat pesat. Melalui fitur andalannya yaitu internet, teknologi komunikasi dan informasi merupakan salah satu jenis teknologi yang menduduki peringkat teratas penggunaannya, yang sudah menjadi bagian dari kepribadian individu tertentu.

“Sebagai kota yang menerapkan Konsep Smart City, Pemerintah Kota Banda Aceh berkomitmen memberikan pelayanan yang tepat, cepat dan efisien kepada seluruh masyarakat. Salah satunya melalui penggunaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam sistem pelayanan publik,” tambahnya.

Peluncuran aplikasi ini turut disaksikan Wakil Walikota Banda Aceh, Drs H Zainal Arifin, Kepala UNICEF Aceh Andi Yoga Tama, Direktur PKPM Aceh Drs Muslim Zainuddin MSi, Kepala Disdukcapil Banda Aceh Syahrullah, Para Camat, Para Keuchik dan sejumlah Kepala SKPD jajaran Pemko Banda Aceh. [Edi]

To Top