internasional

Badai Monster Hantam Pantai Queensland, Australia

ACEHTERKINI.COM | Siklon ‘monster’ menghantam pantai Queensland, Australia dengan kecepatan angin hingga 263 km per jam, Selasa (28/3/2017). Lebih dari 25 ribu orang didesak untuk evakuasi dari wilayah.

Siklon Debbie ini termasuk badai kategori empat dan diprediksikan mencapai daratan sekitar pukul 14.00 waktu setempat. Sekitar 23 ribu rumah telah terputus dari listrik dan ada sejumlah laporan kerusakan.

Otoritas setempat mengatakan ini akan jadi badai terburuk sejak Siklon Yasi pada 2011. Biro Meteorologi Australia mengatakan inti paling merusak dari siklon sudah mencapai Whitsunday Islands.

“Ada banyak laporan atap terangkat, bahkan di sejumlah fasilitas milik kami di Whitsundays,” kata Deputi Komisioner Kepolisian Queensland, Steve Gollschewski dilansir BBC.

Badai Monster [BBC]

Seorang warga bernama Charlie mengatakan pohon-pohon bergoyang keras dan berlangsung terus menerus. Penyedia listrik menyebut badai membuat semakin banyak rumah kehilangan daya listrik. Tidak jelas hingga kapan badai berlangsung.

Perdana Menteri Queensland Annastacia Palaszczuk mengatakan hari ini akan jadi hari yang panjang dan berat. “Intensitas dan keganasan angin terus meningkat, setiap orang sekarang diimbau berada di garasi bawah tanah,” kata dia. Palaszczuk menggambarkan badai itu sebagai monster yang bisa memporak-porandakan kota.

Sumber : Republika

To Top