Sosial

Abrasi Pantai Jilbab Ditangani dengan Dana APBA

ACEHTERKINI.COM | Untuk menanggulangi abrasi di bibir Pantai Jilbab, Desa Kedai Susoh yang berbatasan dengan Desa Palak Kerambil, Kecamatan Susoh, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) Pemerintah Provinsi Aceh melalui Anggaran Pendapatan Belanja Aceh (APBA) tahun 2017 telah merealisasi dana sebesar Rp14 miliar untuk membangun tanggul batu gajah di sepanjang pantai yang terkena hantaman ombak.

Sebelumnya pada tahun 2016 lalu, ombak besar telah menghantam bibir Pantai Jilbab (sebutan warga setempat), Kecamatan Susoh. Sehingga banyak pondok milik pedagang rusak. Bukan itu saja sejumlah pohon cemara yang berada disepanjang pantai juga menjadi sasaran amukan ombak besar.

Abrasi Pantai Jilbab, Abdya

Pihak Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten (BPBK) Abdya bersama sejumlah instansi terkait lainnya, telah berupaya melakukan penanganan secara darurat dengan memasang ratusan karung goni yang berisi pasir disepanjang bibir pantai. Selang beberapa bulan kemudian, sejumlah karung goni tersebut juga tak mampu menahan kuatnya arus ombak. Bahkan karung goni tersebut juga hilang ditelan ombak.

Banyak pedagang diwilayah setempat merasa dirugikan, pasalnya, pondok yang telah rusak diterjang ombak tersebut terpaksa harus dibuat kembali menggunakan biaya sendiri. “Kita terpaksa merenovasi, bahkan membangun baru pondok yang telah rusak diterjang ombak besar tersebut. Kita sangat berharap agar tanggul disepanjang pantai ini dapat segera dibangun,” kata Rini salah satu pedagang diwilayah setempat.

Terkait hal itu, Kepala BPBK Abdya, Amiruddin, Selasa (21/3/2017) diruang kerjanya mengatakan, pembangunan tanggul dengan batu gajah disepanjang bibir pantai tersebut akan ditanggulangi dengan dana dari APBA tahun 2017 sebesar Rp.14 miliar. Pihaknya mengaku sudah dikonfirmasi Dinas Pengairan provinsi terkait dengan pembangunan tanggul batu gajah tersebut.

“Kita sudah dikonfirmasi oleh Dinas Pengairan Provinsi Aceh, bahwa dana untuk pembuatan tanggul batu gajah itu dianggarkan melalui APBA tahun 2017, kemungkinan dalam waktu dekat meraka akan turun untuk melihat ke lokasi,” kata Amir.

Meskipun anggaran yang dikucurkan  masih kurang dari usulan, namun Pemkab Abdya sangat menghargai upaya Pemerintah Aceh yang telah menyisihkan dana APBA untuk penanggulangan abrasi disepanjang pantai jelbab tersebut.

“Kita mengusulkan anggaran untuk pembuatan tanggul sebesar Rp. 21 miliar dengan panjang lebih kurang satu kilometer lebih. Walaupun realisasinya hanya Rp. 14 miliar, kita sangat bersyukur dan berterima kasih atas segala upaya yang telah diberikan pihak provinsi,” tutur Amir.

Lebih lanjut Amir mengatakan, sejauh ini pihaknya belum mengetahui berapa panjang tanggul batu gajah itu yang akan dibangun. “Kemungkinan akan disesuaikan dengan anggaran yang tersedia, asal tertanggulangi berapa saja jumlahnya itu tidak jadi masalah,” demikian tandasnya. (Rizal)

To Top